Monday, April 15, 2013

Beranda » Cara Menyeduh Pengaruhi Kenikmatan Kopi?

Cara Menyeduh Pengaruhi Kenikmatan Kopi?

KOMPAS.com - Ada yang mengatakan, kenikmatan rasa kopi ada pada adukan tangan si pembuatnya. Pasalnya, adukan serta racikan tangan si pembuat kopi lah yang mempengaruhi kelezatan secangkir kopi. Benar tidak, ya?

Mengenai hal tersebut, Clarissa Halim, Product Development and Advertising Departement PT JJ Multi Utama Indonesia (distributor JJ Royal Coffee) mencoba menjawabnya.

"Memang banyak yang mengatakan hal tersebut, tapi menurut saya semua itu tidak memengaruhi rasa kenikmatan kopi. Karena selera setiap orang dalam penyeduhan kopi mempunyai takarannya masing-masing," tuturnya.

Namun Clarissa menyarankan, kenikmatan secangkir kopi juga tergantung pada air seduhan yang dipakai. Sarannya, jika ingin mendapatkan kopi yang lezat, jangan menuangkan air mendidih langsung pada racikan kopi.

"Sebaiknya suhu air yang digunakan sekiranya 80 derajat Celcius, jangan saat masih mendidih langsung dituang, diamkan sebentar. Setelah itu, aduk rata dan diamkan kurang lebih tiga hingga empat menit, setelah itu baru rasakan aromanya dan seruput kenikmatan kopi itu," tutupnya.

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/04/15/13435616/Cara.Menyeduh.Pengaruhi.Kenikmatan.Kopi