Tuesday, February 1, 2011

Beranda » Dua Juta Lebih Rakyat Mesir Turun Ke Jalan Dukung Mursi | Demo Terbesar dalam sejarah Mesir

Dua Juta Lebih Rakyat Mesir Turun Ke Jalan Dukung Mursi | Demo Terbesar dalam sejarah Mesir

Sabtu, 1 Desember 2012, menjadi saksi kecintaan dan dukungan rakyat Mesir kepada Presiden Muhammad Mursi. Berpusat di Cairo University, tercatat lebih dua juta demonstran tumpah ruah. Demonstrasi mendukung dekrit presiden ini dimulai Dzuhur dan diikuti 30 partai dan organisasi pemuda, serta 18 serikat pekerja. Kalangan islamis bersatu: IM, Salafi, Jamaah Islam, dll.

Demonstrasi ini tercatat sebagai demonstrasi terbesar dalam sejarah Mesir. CNN mengabarkan lebih dari 2 juta orang yang ikut demo. Bahkan Khairi Ramadan, presenter televisi CBC yang meliput demo (dulunya dia timses mantan capres Syafiq) mengakui ini demonstrasi terbesar.
Melihat ramainya demonstran yang mendukung ‘Dekrit Mursi’ dapat disimpulkan bahwa penentang dekrit dari kalangan liberal tak lebih dari 5% rakyat Mesir. Jumlah mereka sedikit cuma media-media yang masih dikuasai kroni Mubarak membesar-besarkan.

Liberalis gagal! Begitu tulis seorang pengamat Barat di laman Facebook setelah menyaksikan demonstrasi pro-Mursi di Kairo.

***

Berikut liputan ‘pandangan mata’ yang disampaikan beberapa ikhwah: Rois Rahma Fathoni @kaisar_el_rema  (Cairo, Egypt), Oktarizal Fiardi @Oktarizal_Fr  (Cairo, Egypt), Abdullah Haidir @abdullahhaidir1 (Riyadh, Saudi).

Rois Rahma Fathoni @kaisar_el_rema
  1. Demonstrasi hari ini mendukung dekrit pres dimulai lepas Dzuhur. Diikuti 30 partai dan organisasi pemuda, 18 serikat pekerja.

  2. Kalau media kurang berimbang (memberitakan) wajar. Koran Ahram kabarkan ada dana 6M USD khusus untuk media (kontra-Mursi).

  3. PJ demo bilang : Lapangan yg menjurus ke Universitas Kairo sudah tidak muat. Demonstran yang masih berduyun2 diminta masuk lewat Giza.

  4. Diantara demonstran yang masih di jalan rombongan dari masjid Amr bin Ash, Kairo Baru dll.

  5. Media mengatakan bahwa yang selain di Tahrir bukan revolusioner. Dijawab sama Majelis Umana Tsaurah : kami dulu yang mengamankan Tahrir ..

  6. .. Kami yang amankan Tahrir sewaktu revolusi. Dan kami di sini (Univ Kairo) mendukung penuh kebijakan presiden.

  7. Hahaha .. CBC tadi meliput di Tahrir. Begitu gambar di sana kosong, langsung beralih ke Univ Kairo.

  8. Atas: Tahrir (Liberal sesumbar akan penuhi Tahrir sampai Mursi jatuh. nyatanya hari ini sepi) 
    Bawah: Demo pro-Mursi di Kairo

  9. Massa dari masjid Musthafa Mahmud sedang dalam perjalanan ke univ Kairo. Mending pada ke rumah Ane aja. Di sana udah gak ada tempat. :D

  10. PJ di panggung meminta demonstran utk mundur. Saking gak muatnya orang desek2. Kejadian mirip di Azhar, saya nyaris pingsan kurang oksigen.

  11. Para guru besar hukum Universitas Kairo menyatakan dukungan kepada dekrit presiden Mursi.

  12. Singa Tahrir di masa revolusi, Shafwat Higazi sedang berikan orasi di Univ Kairo mendukung dekrit presiden.

  13. Ya Allaaaahhh selalunya pengen nangis kalau Shafwat Higazi mimpin orasi.

  14. Shafwat Higazi : Wahai Mursi maju. Kami tanpa dibayar di belakangmu.

  15. Shafwat Higazi : Saya mohon maaf, Tahrir bukan lagi alun2 revolusioner. Antek Mubarak spt Murtadha Manshur, Spider, Amr Musa mengotori Tahrir.

  16. Shafwat Higazi : Demo yg terjadi di Mesir hanyalah gesekan politik. Parameternya adalah kotak suara pemilu.

  17. Shafwat Higazi : kepada yg di Tahrir, Mursi presiden sah dan legal. Hargai dan hadapilah demokrasi.

  18. Shafwat Higazi : Kepada yg di Tahrir, Anda tahu siapa yang di sebelah Anda sekarang (maksudnya adl antek-antek Mubarak –ed).

  19. Podium di Universitas Tahrir menyatakan : Ada dua kabar : Basyar Asad MATI hari ini atau Kabur ke luar negeri | sujud syukur

  20. Gegap gempita di Universitas Kairo menyambut kabar kemenangan Suriah.

  21. Ini Dr Shalah Sulthan yang saya cerita kemarin (beliau murid kesayangan Syeikh Yusuf Qardhawi).  Beliau orasi.

  22. Dr Shalah Sulthan : Hey Baradei, hey Amr Musa. Israel tidak akan menolong kalian | Udah mau dibuka (kedok mereka) dikit2 nih..

  23. Ya Salaaaammm Syeikh Muhammad Hasan datang ke Univ Kairo. Ini Syeikh Salafi yg dicintai semua kalangan. Beliau sangat hanif.

  24. Syeikh Muhammad Hasan : Antum datang ke sini tidak diberi uang. Tapi malah berkorban mengeluarkan uang. Membawa anak dan istri.

  25. Podium mengumumkan jumlah demonstran yang hadir lebih dari 2 juta.


  26. Baru saja @Misr25TV meliput demonstran dari atas pesawat | Gak berlebihan kalau bilang 2 juta massanya. 

***

Oktarizal Fiardi @Oktarizal_Fr
  1. Melihat ramainy demonstran yg mndukung #DekritPresiden dpt disimpulkan bhw penentang dekrit dr kalangan liberal tak lebih dr 5% rakyat Mesir.

  2. Kondisi terakhir Mesir membuat kekuatan Islam Mesir bersatu. Salafi, IM dan JI satu visi satu misi.

  3. Aksi "sejuta umat" mendukung #DekritPresiden hari ini merupakan tamparan keras utk media yg membesar2kan kekuatan liberal Mesir.

  4. Kalangan liberal Mesir mesti rajin ngemis dana kpd asing agar bisa menandingi aksi "sejuta umat" mendukung #DekritPresiden.

  5. Amru Musa, Baradei, Hamdin n seluruh kalangan liberal harus berpikir lebih cerdas setelah melihat kenyataan hari ini

  6. Demo hari ini begitu santun: Tak ada kantor partai oposisi yg dibakar, tak ada pelecehan thd perempuan, tak ada lembaga negara yg dirusak.
***

Abdullah Haidir @abdullahhaidir1

  1. CNN: Demo pendkng Mursi sdh 2 jt org. masih ribuan lagi yg siap gabung. Panitia sdh mengmmkan tempt tlh penuh..pendemo akn mencari tmpt lain.

  2. Saking banyaknya... pendukung Mursi sudah meluber mendekati medan Tahrir...tempat pendemo penentang Mursi.... org2 bayaran siap2 diusir.

  3. Atas: Tahrir (Liberal sesumbar akan penuhi Tahrir sampai Mursi jatuh. nyatanya hari ini sepi) 
    Bawah: Demo pro-Mursi di Kairo

  4. Liberal Mesir -- Di DPR kalah banyak, di Majlis Syu’b kalah banyak, jajak pendapat kalah jauh, demontrasi kalah rame.. trus mau memaksakan kehendak.. gemes!

  5. Liberal Mesir -- Argumennya nol, revolusi tanggung2, bisanya cuma nuduh Mursi diktator & minta mundur..mending juga jualan nasi di bekasi  :)

  6. Liberal Mesir -- Teriak2 nasionalis, tp minta barat intervensi...teriak2 demoktratis tapi menolak hasil suara... mending juga jadi tarzan..

  7. Asal tahu aja.... liberal Mesir adalah salah satu rujukan liberal Indonesia.... selamat ....plok... plok...plok...

  8. Utk pertama kali; Antek rezim, nasionalis, koptik, klmpok kiri, sekularis, liberalis, sosialis & komunis bersatu... krn ingin bendung Islam.

  9. Eskalasi pertarungan politik di Mesir & pertarungan militer di Suriah sedang menuju puncak. Gejalanya yg hak kian tegar, yg batil kian ringkih.

  10. Mesir mengajark kita ttg pentingnya jihad politik, Suriah mengajarkan kita pentingya jihad qital... sesuai kondisi dan tuntutannya.

  11. Muslim adalah org yg mengerahkan potensi kekuatan sesuai kebutuhan... konsistensi bukan berarti tidak mau merubah strategi sesuai kondisi.

  12. Penting mengaitkan langkah perjuangan dg berbagai dinamika dunia Islam sbg satu kesatuan langkah dlm berbagai langkah dan ranah aktifitas.

  13. Walau masing2 memiliki kesbukan dan fokus kerja, sesuati keahlian, kecendrungan dan tuntutan.. tapi tdk mengabaikan jalinan kesatuan ini.

  14. Yg berjibaku di dunia politk, jangan acuh dg dunia sosial, sebaliknya, aktif di dunia sosial, jangan apriori dg dunia politik.

  15. Konsen dg tarbiyah dan pendidikan, jangan padamkan pentingya jihad qital kalau dibuhkan..yakin dg kewajiban qital, jangan abai dg pembinaan.

  16. Jika anda gagal menyerap semangat juang dari Suriah, Gaza dan Mesir... anda gagal menghidupkan sensifitas keimanan dan girah perjuangan.

  17. Di Mesir: Aktifis Islam memanfaatkan demokrasi u kemblikan Islam. Sekuler mengingkari prinsip2 demokrasi tuk menolak Islam (DR. Saad Otaibi).

  18. Ikhwan dan Salafi kompak? Karena mereka menghadapi isu besar..Pentingnya bergerak dalam isu besar. Hanya berkutat dg isu kecil bikin sering friksi.