Sunday, February 27, 2011

Beranda » Siapa Hassan Syeikh Muhammad—Presiden Somalia?

Siapa Hassan Syeikh Muhammad—Presiden Somalia?

HASSAN Sheikh Mohammed terpilih sebagai presiden Somalia pada September silam dalam pemilu yang pertama kalinya digelar sejak tahun 1969.

Digambarkan sebagai seorang Islamis moderat, Hassan dikatakan menentang keras para milisi Al-Syaabab yang disebut-sebut mempunyai afiliasi terhadap Al-Qaedah. Ia juga dikenal dekat dengan Uni Pengadilan Islam dan al-Islah, yang mempunyai ikatan erat dengan Ikhwanul Muslimin Mesir.

Banyak pendukungnya mengklaim bahwa Hassan akan mendukung siapa pun yang memiliki kesempatan terbaik untuk menstabilkan Somalia.
Hassan Sheikh Mohamed bekerja sama dengan al-Islah di awal 1990-an untuk membangun kembali sistem pendidikan Somalia setelah dihancurkan karena konflik kesukuan. Sekolah-sekolah yang ia dirikan mengikuti kurikulum sekolah di Sudan dan Mesir, tetapi sangat menentang kurikulum al-Syabaab.

Sekitar bulan Juli, Kepala al-Islah di Somalia, Ali Basha Umar, melakukan perjalanan ke Mesir untuk bertemu dengan pemimpin tertinggi Ikhwanul Muslimin, Muhammad Badie.

Pada pertemuan ini, Badie menegaskan kembali posisi Ali Basha sebagai pemimpin al-Islah dan mengucapkan selamat kepadanya atas pekerjaan yang sudah dilakukan di Somalia di masa-masa sulit.