Monday, August 5, 2013

Beranda » Sulaman Beri Sentuhan Modis pada Busana Muslim

Sulaman Beri Sentuhan Modis pada Busana Muslim

KOMPAS.com - Sejumlah desainer ternyata masih kerap mengandalkan sulaman untuk membuat busana muslim tampil modis. Sofie adalah salah satu yang memamerkannya di ajang Ramadhan Runway 2013 di Kota Kasablanka, Jakarta, Minggu (4/8/2013) lalu.

Desainer yang terkenal dengan desainnya yang edgy dan sophisticated ini mengeluarkan koleksi busana muslim yang lumayan mencolok. Sofie mengandalkan hiasan sulaman berupa bunga-bunga yang diaplikasikan di bagian dada.

Penempatan hiasan menjadi aksen dekoratif yang menarik di tangan Sofie, seperti payet atau manik-manik. Beberapa di antaranya ditempatkan di atas kain dengan berbagai macam warna, seperti putih, fuchsia, hitam, dan abu-abu. Permainan cutting juga menjadi andalan Sofie, seperti bermain di bagian pinggang atau menambahkan bolero untuk atasan.

Koleksi Sofie menjadi satu di antara enam desainer yang menampilkan koleksi busana muslim dalam Ramadhan Runway. Selain Sofie, ada Ida Royani, Anne Rufaidah, Jasmine, Handy Hartono, dan Dian Pelangi. Masing-masing desainer mengusung lima outfit busana muslim rancangan mereka.

Ida Royani masih setia dengan koleksi busana muslim dengan motif yang khas, kali ini dengan motif tenun batak. Motifnya didominasi garis-garis yang memenuhi bagian depan, atau menjadi aksen di bagian dada atau lengan.

Sementara Jasmine sepertinya percaya warna putih masih menjadi pilihan banyak orang, sehingga koleksi yang ia bawakan semua serbaputih. Ia banyak menampilkan padu padan blus dan rok yang loose atau longgar.

Tak berbeda dengan Sofie, Jasmine juga cenderung memberi hiasan dekoratif dengan bordiran di beberapa bagian, seperti di dada, lengan, atau penuh di keseluruhan atas sampai bawah.

Menghias busana muslim dengan sulaman juga dilakukan Anne Rufaidah. Koleksinya yang didominasi nuansa hitam menempatkan sulaman warna putih di bagian dada yang membuat kontras. Hiasan ini menjadikan koleksinya mencolok dan cukup menarik perhatian.

Berbeda dengan desainer lainnya, Handy Hartono membuat busana muslim yang terkesan glamor dengan bahan warna emas dan silver. Potongan yang modern-look ditambah kesan bling-bling membuat koleksinya ini tampil lain dari busana muslim biasanya.

Sebagai penutup, Dian Pelangi tampil meyakinkan dengan koleksinya yang terinspirasi dari motif warisan Sriwijaya. Dominasi motif dan kain tradisional dieksplorasi sedemikian rupa dalam berbagai potongan yang modern.

Warna-warna yang mencolok, seperti merah dan biru, dipadupadankan dengan jubah-jubah besar berkerah tinggi. Koleksi busana muslim yang dipamerkan Dian memberi kesan mewah, megah, dan elegan. Beberapa di antaranya juga menempatkan hiasan yang dekoratif di bagian dada yang membuatnya menjadi lebih menarik.

Editor :

Felicitas Harmandini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/08/05/1409430/Sulaman.Beri.Sentuhan.Modis.pada.Busana.Muslim