Tuesday, August 6, 2013

Beranda » Kriteria Kue yang Akan Tren Tahun Depan

Kriteria Kue yang Akan Tren Tahun Depan

KOMPAS.com - Tak cuma dunia fashion saja yang berkembang serta punya tren tersendiri. Dunia kuliner pun tak kalah kreatif dan punya tren sendiri.

"Sekarang ini, kuliner termasuk pastry punya trennya sendiri. Tahun lalu mungkin yang sedang tren adalah red velvet dan rainbow cake," jelas Denny Herdian Ardiwinata, National Trade Marketing Manager Fonterra Foodservices, saat diskusi bisnis kue di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Denny, industri pastry dan bakery di Asia (termasuk Indonesia) menunjukkan perkembangan yang sangat pesat, terutama dalam 10 tahun terakhir. Perkembangan ini dipicu oleh dua hal, yaitu ketersediaan bahan baku dan kemudahan akses informasi. Semakin banyaknya pilihan bahan baku yang tersedia dan kemudahan akses terhadap informasi kuliner membuat pelaku bisnis mampu berkreasi dan berkembang.

Lalu bagaimana dengan prediksi tren kue tahun depan? Chef Yus Andriana, Advisory Chef Pastry Fonterra Foodservices, mengungkapkan bahwa cheesecake adalah salah satu cake yang masih akan populer. Selain itu, olahan kreatif gabungan donat dan croissant (cronut) juga akan populer di Indonesia.

"Menyusul kepopulerannya di Amerika, cronut juga akan jadi populer di Indonesia," jelas Denny.

Selain chesecake dan cronut, kue-kue yang diprediksi akan menjadi tren adalah kue yang memenuhi selera masyarakat.

1. Kue tradisional
Kue-kue tradisional masih akan sangat diminati tahun depan. Kreasi kue tradisional seperti putu mayang, klepon, bolu pisang, nagasari, dan lain-lainnya masih jadi pemuas rindu banyak orang.

Para pembuat kue tradisional disarankan untuk lebih berani berkreasi dan memodifikasi kue-kue ini agar jadi varian kue baru yang lebih unik dengan rasa tradisional. Misalnya, nastar isi cokelat, onde-onde isi pisang, dan lain-lainnya.

2. Kue kreatif
Tak bisa dipungkiri, kue-kue dengan gaya baru akan sangat menarik perhatian banyak orang. "Ada sensasi baru yang dirasakan orang-orang ketika mereka menyantapnya. Sensasi dan rasa baru inilah yang disukai orang," tambahnya.

Kreativitas ini bisa terlihat dari aroma, rasa, tekstur, dan juga bentuk yang berbeda dari sebelumnya.

3. Kue sehat
Beberapa tahun belakangan, selera makanan dan gaya hidup masyarakat urban mulai berubah. Mereka mulai sangat memerhatikan apa yang disantap. Entah itu untuk alasan kesehatan ataupun diet, yang pasti mereka lebih suka menyantap makanan termasuk kue yang sehat.

Oleh karena itu, kue-kue dengan iming-iming kesehatan, seperti rendah gula, tanpa bahan pengawet, rendah lemak, dan lainnya akan banyak diburu orang.

4. "Easy to go"
Semakin banyaknya rutinitas dan juga mobilitas masyarakat, mereka pun menginginkan segala hal jadi serba praktis. Termasuk dari segi makanan.

"Kalau dulu mereka masih punya banyak waktu untuk menikmati kue di kafe, sekarang mereka lebih sibuk. Akibatnya mereka lebih suka kue yang easy to go," paparnya. Kue-kue dengan ukuran kecil dan mudah dibawa akan jadi salah satu favorit di tahun depan.

Editor :

Felicitas Harmandini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/08/06/1508492/Kriteria.Kue.yang.Akan.Tren.Tahun.Depan