Friday, August 16, 2013

Beranda » Membuat Pasta Lebih Kaya Rasa

Membuat Pasta Lebih Kaya Rasa

KOMPAS.com - Olahan pasta memang praktis dibuat, dan enak disantap. Namun, olahan dan campuran yang itu-itu saja pasti akan membuat Anda bosan menyantapnya.

Berkreasilah dengan aneka isian atau bumbu, agar pasta jadi lebih menggugah selera. Sedikit perubahan kecil dari isian atau bumbu justru akan menghasilkan rasa yang berbeda. Berikut beberapa tip sederhana untuk memberi sentuhan rasa yang berbeda untuk olahan pasta yang sederhana.

1. Olahan pasta paling simpel adalah dengan merebus pasta sampai matang, meniriskannya, kemudian mencampurnya dengan saus. Untuk sensasi rasa yang berbeda, cobalah merebus pasta setengah matang (1-2 menit) kemudian matangkan pasta dengan menumisnya.

Panaskan wajan, kemudian tumis bumbunya, dan masukkan pasta. Agar tidak keras, tambahkan sedikit air rebusan pasta dan masak sampai air terserap sempurna. Pastikan mengaduk saus dan pasta sampai rata. Hal ini bertujuan untuk membantu mengemulsi minyak dalam sausnya.

2. Keju parut mungkin jadi bagian paling tepat untuk memperkaya rasa pasta. Hanya saja, kalau hanya keju parut yang itu-itu saja pasti bosan dong.

Jason Saxby, head chef di restoran Osteria di Russo & Russo, Australia, mengungkapkan bahwa memilih varian keju lain bisa menghasilkan rasa yang berbeda dan mengubah pasta biasa jadi lebih istimewa. "Daripada hanya menggunakan parmesan, cobalah beberapa keju lain seperti truffle pecorino, atau smoked mozarella. Anda pasti terkejut dengan perbedaan rasanya," sarannya.

Selain itu, perbedaan rasa juga bisa dihasilkan dari tekstur keju di dalam pasta. Jason menyarankan untuk tak cuma menambahkan keju, tapi juga menambahkan potongan mentega. Kemudian panggang sebentar pasta untuk melelehkan mentega dan kejunya.

3. Hiasan atau garnish di piring makanan memang bisa membuat Anda jadi lebih bersemangat makan karena tampilannya yang cantik. Namun, Sandro Di Marino, head chef di restoran A Tavola mengungkapkan bahwa hiasan ini tak semata-mata untuk mempercantik penampilan saja.

"Hiasan itu juga penting untuk menambah tekstur dan rasa dalam makanan, termasuk pasta. Misalnya ketika menyantap pasta dengan saus krim, maka keripik yang renyah dan garnish bubuk cabai atau bumbu pedas lainnya bisa ditambahkan. Kombinasi semua garnish ini akan menjadi satu kesatuan rasa makanan yang nikmat," katanya.

4. Herb dan daun rempah lainnya bisa membantu memperkaya rasa pasta. Hanya saja, daun basil dan parsley bukanlah satu-satunya herb yang cocok ditambahkan ke dalamnya. Pikirkan untuk menambahkan daun dill atau mint jika membuat pasta seafood, lalu oregano atau marjoram untuk memperkaya rasa pasta bersaus tomat, dan daun timi untuk pasta bersaus krim jamur.

Sumber :

Editor :

Felicitas Harmandini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/08/16/1604581/Membuat.Pasta.Lebih.Kaya.Rasa