Saturday, January 17, 2009

Beranda » Ukur Detak Jantung Anda

Ukur Detak Jantung Anda

Ukur Detak Jantung Anda - Cara paling sederhana untuk untuk menghitung detak jantung adalah memegang nadi di pergelangan Anda. Lakukan dan hitung selama 10 detik, kemudian kalikan hasilnya dengan 6 untuk mendapatkan berapa detak Anda selama 1 menit. Tetapi cara ini kurang akurat dan kadang beberapa orang kesulitan untuk menghitungnya sambil berlari, apalagi sambil berenang.

Yang saya lakukan untuk memudahkan saya menghitung detak jantung saya supaya sesuai target zone saya adalah menggunakan grip di treadmill di tempat fitness saya. Untuk menggunakan cara ini, pegang grip untuk mengukur detak jantung di treadmill Anda, lakukan ini selama kurang lebih 2 menit supaya angka yang muncul sesuai dengan detak jantung Anda. Memegangnya dalam waktu yang terlalu singkat akan memberikan pengukuran yang kurang akurat.

Tetapi disaat saya berolahraga dengan kondisi tidak ada alat bantu ukur detak jantung di treadmill saya, yang mungkin disebabkan karena alatnya rusak ataupun treadmillnya masih jenis lama yang tidak bisa mengukur detak jantung, saya menggunakan jam tangan yang mampu memonitor detak jantung.

Saya pakai NIKE TRIAX C8, yang dilengkapi dengan chest strap. Keunggulan chest strap ini adalah dia bisa tersambung secara wireless dengan beberapa merk treadmill. Jadi di tempat fitness saya, cukup saya menggunakan strap ini dan berlari di atas treadmill. Tanpa memegang grip pengukur di treadmillnya, angka detak jantung di treadmill sudah tersambung dengan chest strap saya.

Kalau saya berolahraga tanpa menggunakan treadmill, maka saya tinggal pakai jam tangannya, dan angka detak jantung saya akan muncul disitu, sehingga saya benar-benar bisa memonitor progres saya secara akurat. (sumber)