Friday, January 30, 2009

Beranda » Kiat Praktis Bugarkan Tubuh dan Mata di Kantor

Kiat Praktis Bugarkan Tubuh dan Mata di Kantor

Kiat Praktis Bugarkan Tubuh dan Mata di Kantor - Waktu berjalan cepat bagi mereka yang bekerja di depan komputer. Jika tidak diselingi aktivitas fisik dan pengalihan pandangan, bisa membawa dampak buruk bagi tubuh. Karena itu, olahraga ringan atau gerakan sederhana diperlukan untuk memperbaiki postur dan kesehatan.

Gerakan teratur akan membakar kalori yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sekalipun berolahraga di depan komputer bermanfaat, tapi tidak lantas aktivitas olahraga rutin terhenti. Olahraga sambil mengetik dilakukan untuk mencegah agar otot tidak kaku.

Hal lain yang tak kalah penting adalah perihal kesehatan mata. Mata Anda bakal terganggu jika dipaksa berfokus pada satu hal (monitor komputer) dalam periode waktu yang sangat panjang.

Para ahli mata menganjurkan aturan 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit setelah berfokus ke hadapan layar komputer, alihkan pandangan selama 20 detik pada sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 7 meter) dari tempat duduk. Sementara itu, ahli mata dari Akademi Optometri Amerika, BurtDubow,O.D.,F.A.A.O, menyarankan untuk mengistirahatkan mata setiap 15-30 menit.

Alihkan pandangan pada sesuatu yang berada di kejauhan. Seperti di luar jendela, untuk merelaksasikan otot mata. "Pastikan juga pencahayaan yang tepat," ujarnya. Dia lantas mencontohkan untuk membaca sebaiknya kita menggunakan lampu yang terang. "Sedangkan saat bekerja komputer atur pencahayaan sedikit lebih temaram dan tidak menyilaukan mata," ungkap pria yang meraih gelar Doktor Optometri di Pacific University College of Optometry ini.

Kiat Bugarkan Tubuh dan Mata di Kantor

Selain hal yang bersifat teknis tersebut, pertimbangkan juga untuk membeli layar LCD yang lebih aman bagi mata. Pemakaian layar monitor yang tidak ergonomis juga dapat menyebabkan keluhan pada mata. Dalam www.elektroindonesia.com disebutkan bahwa 77 persen orang yang kesehariannya bekerja di depan layar monitor mengalami keluhan pada mata. Seperti pegal dan nyeri, mata merah, berair, hingga iritasi.

Penggunaan soft lens (lensa mata), juga bisa mempercepat kelelahan pada mata. Karena mata yang dalam keadaan memfokuskan ke layar monitor akan jarang berkedip sehingga bola mata cepat menjadi kering dan menyebabkan timbulnya gesekan antara lensa dan kelopak mata.

Sementara ruang berpendingin (AC) bakal lebih memperparah gesekan tersebut karena udara ruangan ber-AC akan kering sehingga air mata akan ikut menguap.

Nah, agar tubuh tetap bugar dan mata tetap sehat selama berada di kantor, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan berolahraga dalam kubikal.

Langkah pertama adalah menggunakan kursi yang memang didesain untuk kerja (biasanya satu set dengan meja kerjanya). Usahakan punggung lurus dan kepala tertuju pada monitor. Jika harus mengubah posisi, atur saja ketinggian kursi atau setel posisi monitornya (ditundukkan atau ditengadahkan).

Jagalah agar tubuh selalu berada pada posisi ergonomis selama mengetik. Pastikan pergelangan tangan Anda sedikit lebih rendah dari siku. Ini akan membantu mengurangi carpal tunnel syndrome. Kaki menekuk di bagian lutut sehingga posisi dengkul hanya sedikit lebih tinggi dari paha. Telapak kaki harus menapak di lantai atau di papan titian yang biasanya terdapat di bawah meja.

Berdirilah setiap setengah jam. Berjalan-jalan beberapa menit, regangkan kaki dan istirahatkan mata dari layar komputer. Ini juga bisa mencegah pembekuan darah di kaki. Darah membeku sering kali terjadi pada usia paruh baya, yang merupakan pengguna komputer terbanyak.

Jika Anda hendak menelepon dengan ponsel, lakukan sambil berdiri dan melakukan peregangan. Entah mengangkat kaki, atau gerakan apa pun selama rehat sejenak dari mengetik.

Untuk meregangkan leher, lenturkan kepala ke depan dan belakang, samping kanan dan kiri, serta tengokkan kepala ke samping kanan dan kiri. Jangan memutar kepala dengan bertumpu pada leher, karena bisa menyebabkan kerusakan pada bantalan tulang leher. Bagaimana, sudahkah Anda bugarkan tubuh dan mata? (sumber)