Thursday, January 1, 2009

Beranda » Langkah Mudah Atasi Rasa Khawatir

Langkah Mudah Atasi Rasa Khawatir

Langkah Mudah Atasi Rasa Khawatir - Rasa khawatir merupakan salah satu aktivitas yang paling tak berguna yang biasanya kita lakukan. Rasa khawatir yang didasarkan emosi apalagi, malah akan membuat keadaan jadi semakin buruk.

Bahkan, menurut sebuah penelitian menunjukkan kalau beberapa penyakit dan masalah kesehatan disebabkan oleh rasa khawatir ini. Setiap orang pasti merasakan khawatir akan banyak permasalahan kehidupan ini. Dan mengatasi emosi berbahaya ini adalah salah satu cara yang berguna untuk menjaga kesehatan Anda.

Cara Mengatasi Rasa Khawatir

Semua orang dalam hidup ini pasti pernah menghadapi situasi yang sulit. Orang-orang yang mampu mengatasi keadaan ini, lebih sukses, sehat dan bahagia. Tapi yang membiarkan dirinya ditelan habis-habis oleh rasa khawatir ini, akan mengalami kehidupan yang penuh tekanan.

Banyak guru spiritual sepanjang sejarah telah mengajarkan nilai pelajaran dari fokus pada saat ini. Melakukan hal ini akan mengurangi rasa khawatir secara instant. Orang biasanya merasa khawatir saat mulai memikirkan apa yang akan terjadi di kemudian hari soal masalah yang dihadapi saat ini. Setiap individu tak punya pilihan tapi bukan berarti membayangkan hal-hal yang belum terjadi akan membut masalah jadi selesai. Akan lebih mudah bagi kita untuk bertahan pada SAAT INI. Sering-sering lah berlatih seperti ini.

Pikiran manusia itu sebuah mesin yang kreatif. Saat orang membayangkan masa depan, mereka akan terdorong membayangkan juga 'skenario buruk.' Banyak pengalaman yang menunjukkan biasanya keadaan sebenarnya jauh berbeda dari apa yang pernah kita bayangkan. Kebanyakan masalah yang kita hadapi terpecahkan dengan cara yang layak sesuai dengan penerimaan kita. Sebenarnya, kita sendiri yang mendorong diri sendiri untuk merasa takut dan khawatir.

Cara termudah mengatasi rasa khawatir adalah menjawab tiga pertanyaan. Menggunakan tiga proses ini akan membantu Anda mengambil tindakan penting mengatasi rasa takut dan melakukan tindakan. Lakukan dalam hidup Anda, dan lihat hasilnya. Tiga pertanyaan tersebut adalah :
  • Tanyakan pada diri Anda hal buruk apa yang akan terjadi dalam masalah ini? Biasanya, jawabannya datang secara alamiah. Dalam hal ini, proyeksi negatif juga membantu. Bayangkan hal buruk apa yang bisa terjadi.
  • Tanyakan pada diri Anda, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keadaan ini? Kalau muncul bayangan-bayangan buruk sebagai hasilnya, yakinkan diri Anda pasti mampu bertahan dengan keadaan itu. Apa pun yang terjadi yang bisa Anda bayangkan pasti lebih mudah untuk Anda atasi.
  • Akhirnya, tanyakan pada diri Anda langkah apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan skenario-skenario buruk itu tak akan pernah terjadi? Dengan melakukan tindakan untuk mencegah kesimpulan buruk terjadi, kita bergerak ke hasil yang lebih baik. Kebetulan, tindakan adalah pemecahan paling konsisten dalam mengatasi rasa khawatir.
Saat kita menghadapi situasi buruk, biasanya memang cenderung terus-menerus memikirkan situasi yang salah itu, dan mendorong kita jadi stress berat. Jadi mudah saja, tiap kali kekhawatiran menyerang praktekkan langkah-langkah tadi. (sumber)