Saturday, January 17, 2009

Beranda » Alkohol dan Rokok Sebabkan Tumor Rongga Mulut

Alkohol dan Rokok Sebabkan Tumor Rongga Mulut

Alkohol dan Rokok Sebabkan Tumor Rongga Mulut - Jika Anda mengalami sakit gigi disertai benjolan di sekitar mulut, jangan biarkan begitu saja. Bisa jadi itu merupakan indikasi tumor. Jika sudah terserang, jangankan untuk mengunyah makanan, hidup Anda pun akan tidak nyaman. Apa penyebabnya?

Tumor merupakan pertumbuhan sel yang tidak semestinya. Kombinasi kelainan genetik, oral hygiene yang buruk, serta nikotin adalah faktor pendukung terjadinya tumor ganas di rongga mulut. Tumor pada rongga mulut dapat terjadi pada lapisan epidermis mukosa mulut, otot, tulang rahang, kelenjar ludah, dan kelenjar getah bening.

Sebagian orang mungkin belum sadar betul terhadap adanya tumor pada rongga mulut ini. Namun pada kenyataannya, tumor ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kualitas hidup si penderita, sehingga dapat mengganggu aktivitas harian.Tumor, dalam bahasa medis, disebut neoplasma. neo berarti baru dan plasia berarti pertumbuhan atau pembelahan. Jadi neoplasma adalah pertumbuhan sel yang baru, yang berbeda dari pertumbuhan sel-sel di sekitarnya yang normal.

Perlu diketahui bahwa sel tumbuh secara umum memiliki dua tugas utama, yaitu melaksanakan aktivitas fungsionalnya serta berkembangbiak dengan membelah diri. Namun pada sel tumor, yang terjadi adalah hampir semua energi sel digunakan untuk aktivitas berkembang biak semata. Fungsi pengembangbiakan ini diatur oleh inti sel. Akibatnya, pada sel tumor dijumpai inti sel yang membesar karena tuntutan yang meningkat.

Lalu, apa sebenarnya penyebab tumor rongga mulut ini? Menurut drg Denny Sidiq Hudayah SpBM, tumor pada rongga mulut ini terjadi karena pertumbuhan yang liar dalam mulut yang tidak dapat dikendalikan. Tumor pada rongga mulut ini dapat digolongkan menjadi dua bagian, yaitu tumor ganas yang disebut maligna. Pertumbuhan tumor, baik jinak maupun ganas biasanya berasal dari berbagai jaringan di dalam dan sekitar mulut, termasuk tulang, otot dan saraf. (sumber)