Monday, October 14, 2013

Beranda » Apa Sih Beda Body Serum dan Body Lotion?

Apa Sih Beda Body Serum dan Body Lotion?


KOMPAS.com - Anda pasti sudah tahu kalau body lotion adalah salah satu produk pelembab yang berfungsi untuk mencegah kulit menjadi kering. Namun seiring berjalannya waktu, aktivitas yang makin meningkat dan perubahan cuaca yang tak menentu, body lotion  seharusnya turut mengalami perubahan baik tekstur maupun formulasi di dalamnya.

"Meningkatnya aktivitas, cuaca dan bertambahnya usia turut meningkatkan kebutuhan kulit tubuh seseorang," ungkap dr Eddy Karta, SpKK saat peluncuran body serum di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut sebuah survei yang dilakukan Vaseline dan BMI Research terhadap 200 perempuan urban di Indonesia, ternyata 93 persen perempuan merasa butuh perawatan lebih dari sekadar body lotion saja. Sayangnya, 7 dari 10 perempuan hanya mengganti merek losion yang mereka pakai untuk mendapatkan perawatan tambahan dari merek losion sebelumnya. Sedangkan 33 persen lainnya sudah mengerti bahwa mereka butuh jenis perawatan yang berbeda dari sekadar ganti merek losion.

Di pasaran sekarang ini, body lotion sudah ada pesaingnya, yaitu body serum (baca juga: 3 Jenis Pelembab Tubuh dan Fungsinya).  Body serum sebenarnya adalah losion yang diperkaya dengan tambahan konsentrat serum di dalamnya. "Serum biasanya akrab dengan perawatan wajah. Tapi serum sebenarnya juga bisa untuk tubuh," tambahnya.

Perbedaan body lotion dan body serum sebenarnya hanya terletak pada formulasi yang ada di dalamnya. Hanya saja, cara kerja body serum ini tidak sama seperti pelembab dalam losion pada umumnya.

Lalu, dr Eddy Karta, SpKK menambahkan bahwa pelembab dalam losion ini berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi sempurna dari bahaya luar (sinar matahari, debu dan lainnya). Pelembab ini akan menciptakan lapisan pelindung di atas kulit, sehingga menjaga lapisan pelindung alami kulit (protective barrier) agar tetap lembab. Lapisan inilah yang akan terasa di kulit dan terkadang terasa lengket.

Sedangkan serum, bertujuan untuk melindungi dan menghidrasi kulit. Hanya saja, serum tidak melindungi dengan cara menciptakan lapisan di atas kulit. Molekul-molekulnya yang lebih kecil membuat serum mudah diserap kulit.

Serum-serum seperti CLA, niacinamide, pro-retinol, AHA dan oat ini akan terpenetrasi langsung ke dalam kulit, sehingga kulit akan terlindungi dari dalam. Serum ini akan merangsang pembentukan protective barrier alami dari kulit. "Formulasi dengan serum ini juga tidak terasa lengket dan tebal seperti saat pakai losion biasa," paparnya.

Penulis :

Christina Andhika Setyanti

Editor :

D. Syafrina Syaaf


http://female.kompas.com/read/xml/2013/10/14/2305020/Apa.Sih.Beda.Body.Serum.dan.Body.Lotion.