Monday, February 14, 2011

Beranda » INNALILLAH...Partai Liberal Libya Unggul Dalam Pemilu

INNALILLAH...Partai Liberal Libya Unggul Dalam Pemilu


Partai Aliansi Liberal dari mantan Perdana Menteri dewan pemerintahan transisi Mahmud Djibril, diprediksi menangkan pemilihan umum di Libya. Partai Islamis diperkirakan mengalami kekalahan telak.

 Perhitungan sementara pemilihan umum parlemen di Libya, menunjukkan keunggulan partai sekuler. Partai liberal Aliansi Kekuatan Nasional dari mantan PM transisi Mahmud Djibril, setelah penghitungan sebagian besar kartu suara dilaporkan meraup suara mayoritas. Hasil final pemilu parlemen diperkirakan baru dapat diumumkan pekan depan, demikian rilis situs berita Jerman, dw.de, Jumat 13 Juli.



 Djibril dilaporkan menang telak di ibukota Tripoli, di kawasan selatan dan di bekas kubu pemberontak Benghazi di bagian timur Libya. Komisi pemilihan umum melaporkan, partai liberal unggul di seluruh 8 daerah pemilihan di ibukota Tripoli. Bahkan di kawasan pemilihan pusat kota Tripoli, raihan suara partai liberal 10 kali lipat lebih tinggi dari raihan partai Islam.

 Mahmud Djibril adalh tokoh politik berpendidikan barat dan pernah menjabat sebagai direktur badan pembangunan ekonomi di bawah rezim Muammar al Gaddafi. Namun di awal pemberontakan, dia memilih bergabung dengan kelompok anti Gaddafi dan Maret 2011 terpilih menjadi ketua eksekutif dewan transisi, yang merupakan pemerintahan bayangan bentukan kelompok pemberontak anti Gaddafi.

 Pemilu yang digelar Minggu (08/07) merupakan pemilihan bebas pertama sejak digulingkannya rezim Gaddafi, yang memimpin Libya secara otoriter lebih dari 4 dekade.
MUSLIMDAILY