Thursday, February 3, 2011

Beranda » Gebrakan Pemerintah Mesir Pensiunkan 70 Jenderal Militer

Gebrakan Pemerintah Mesir Pensiunkan 70 Jenderal Militer

Menteri Pertahanan Mesir Abdel Fattah Al Sissi langsung membuat gebrakan di awal masa tugasnya. Menteri yang belum genap sebulan ditunjuk oleh Presiden Muhammad Mursi itu memensiunkan 70 jenderal militer.

Surat kabar Mesir Al Shorouk, Ahad (2/9) melaporkan, Sissi juga mengganti sejumlah pejabat tinggi di lingkungan angkatan darat Mesir (SCAF). Langkah mengejutkan tersebut merupakan bagian dari rencana Sissi untuk membentuk dewan militer yang baru di Mesir.

Enam pejabat tinggi SCAF yang dicopot oleh Sissi di antaranya adalah Mamdouh Abdel Hakk, Ismaeil Etman, Mohsen Al Fangari, Sami Diab, Adel Emara, dan Moktar Al Mulla. Sissi juga belum menentukan nama penggantinya sebagai Direktur Intelijen Militer, yang dijabatnya sebelum ditunjuk sebagai menteri.

Beberapa pekan lalu, secara mengejutkan Presiden Mursi menunjuk Sissi menggantikan Jenderal Mohamed Hussein Tantawi sebagai Menteri Pertahanan sekaligus Panglima SCAF. Mursi juga membatalkan dokumen konstitusi yang memberikan pihak militer wewenang legislatif. Sebagian kalangan menilai, langkah Sissi ini masuk akal mengingat sebagian pejabat tinggi militer telah berusia antara 10 tahun di atas batas pensiun.