Friday, January 16, 2009

Beranda » Tips Bantuan Gangguan Pendengaran

Tips Bantuan Gangguan Pendengaran

Tips Bantuan Gangguan Pendengaran - Apa yang banyak dikeluhkan orang dewasa ini? Apakah Anda mempunyai masalah pendengaran ketika berada di gereja atau di teater?

Apakah Anda merasa kehilangan alur percakapan di meja makan malam atau pada acara-acara bersama keluarga? Apakah keluarga Anda selalu mengulang-ngulang meminta Anda agar mengecilkan volume televisi atau radio?

Hal-hal di atas adalah tanda-tanda umum hilangnya kemampuan pendengaran yang disebut presbikusis. Suara-suara yang mempunyai tekanan tinggi biasanya sulit sekali disimak. Cara lain untuk mendeteksi gangguan ini adalah dengan mendekatakan jam tangan Anda di telinga.

Jika Anda tidak dapat mendengar jam itu berdetak, segeralah temui ahli otolaringologi (dokter telinga, hidung dan tenggorokan) atau seorang ahli otologi (dokter khusus dalam gangguan-gangguan telinga).

Anda juga harus mencari bantuan jika salah satu atau kedua telinga Anda mendengung terus-menerus atau jika suara-suara keras membuat telinga Anda sakit.

Hilangnya pendengaran dari presbikusis tidak dapat dikembalikan seperti semula, tapi bantuan-bantuan pendengaran, bersama dengan metode-metode mandiri di bawah ini, mungkin bisa membantu :
  • Mintalah orang-orang berbicara dengan jelas, tepat dan dalam tekanan yang normal
  • Lihatlah orang-orang yang sedang berbicara kepada Anda. Amatilah ekspresi-ekspresi mereka untuk membantu Anda memahami apa yang sedang mereka bicarakan. Mintalah pada mereka mengharap Anda ketika berbicara.
  • Cobalah membuat seminimal mungkin suara-suara gangguan di latar belakang ketika sedang bercakap-cakap
  • Duduklah dibarisan depan ketika berada di kelas atau ruangan
  • Untuk lebih mengandalkan penglihatan, bukannya pendengaran, pasanglah jam alarm, jam pintu (door shime), lonceng listrik atau amplifier pada telepon Anda.
Selain itu, seorang odiologis (terapi pendengaran) mungkin bisa menunjukkan pada Anda teknik-teknik lain untuk melatih “melatih” diri sendiri agar memiliki pendengaran yang lebih baik. (sumber)