Friday, January 16, 2009

Beranda » Jangan Biarkan Bayi Duduk Terlalu Lama

Jangan Biarkan Bayi Duduk Terlalu Lama

Jangan Biarkan Bayi Duduk Terlalu Lama - Jangan meninggalkan bayi yang berusia kurang dari satu bulan dalam posisi duduk untuk waktu yang lama. Alasannya, hal itu dapat membuat mereka menghadapi risiko peningkatan kondisi kematian bayi secara tiba-tiba.

Demikian peringatan ini disampaikan Dr Arore Cote, salah satu peneliti dari McGill University Health Center di Montreal, Kanada. Bersama rekan-rekannya, dia melaporkan bahwa kematian di kalangan bayi dalam posisi duduk berjumlah tiga persen dari keseluruhan kematian bayi yang mereka teliti sebagai bagian dari studinya.

"Berdasarkan studi lain yang meneliti tingkat oksigen di dalam darah bayi dalam posisi duduk, untuk dibandingkan dengan bayi yang berada di tempat tidur, saya akan mengatakan satu jam meski menjadi waktu maksimum," kata Cote kepada Reuters Health.

Kelompok Cote melakukan kajian selama 10 tahun, hingga Desember 2000, dari semua kematian mendadak yang tak dapat dijelaskan antara kelahiran dan usia 1 tahun yang terhadi di Provinsi Quebec, Kanada. Secara keseluruhan, 10 bayi dalam kelompok kematian yang tak dapat dijelaskan dan 7 kelompok kematian yang dapat dijelaskan meninggal sewaktu duduk di kursi mobil atau di tempat duduk lain.

Ketika para peneliti tersebut memperhitungkan usia mendapat 9,4% bayi yang meninggal pada usia kurang dari 1 bulan berada pada posisi duduk ketika meningggal. Sebaliknya, hanya 2,4% bayi pada usia lebih dari 1 bulan meninggal berada dalam posisi duduk. (sumber)