Sunday, January 4, 2009

Beranda » Tips Menyetir Aman Untuk Wanita

Tips Menyetir Aman Untuk Wanita

Tips Menyetir Aman Untuk Wanita - Bepergian dengan mobil pribadi memang lebih nyaman daripada menggunakan kendaraan umum. Namun jika Anda adalah seorang wanita, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman di jalan. Simak tips menyetir aman untuk wanita selengkapnya seperti yang dilansir dari iDiva berikut ini.

Mempelajari hal dasar
Terlepas dari cara menyetir mobil, penting bagi seorang pengendara untuk mempelajari hal dasar seperti memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian. Misalnya:
  • Memeriksa ban yang sudah terisi angin. Selain itu, untuk berjaga-jaga, jangan lupa membawa ban cadangan.
  • Bahan bakar penuh dan tidak akan habis di tengah jalan.
  • Memeriksa apakah ada cairan yang bocor dari kendaraan.
  • Akan lebih baik lagi jika mobil sudah diservis sebelum bepergian.
Servis mobil
Demi menjaga kondisi mobil, Anda harus rajin menyerviskan kendaraan secara tepat waktu. Jangan pergi ke bengkel saat mobil rusak saja.

Mengganti ban
Belajar menyetir mobil saja tidak cukup. Meskipun Anda wanita, sebaiknya tahu bagaimana cara mengganti ban yang bocor. Anda bisa mempelajarinya dari ayah atau teman pria yang bisa melakukannya.

Parkir
Jangan memarkir kendaraan di area yang gelap dan terpencil. Lebih baik gunakan jasa parkir berbayar yang lebih aman. Memarkir mobil juga tidak disarankan berada di sebelah kendaraan seperti van, karena pencuri biasanya menyembunyikan mobil curian di dalamnya.

Kunci
Pastikan kunci sudah di tangan ketika Anda sudah dekat dengan kendaraan. Setelah itu, kunci pintu tepat ketika Anda memasuki mobil. Jika perlu, bawalah spray cabai untuk berjaga-jaga.

Alarm
Sistem keamanan mobil bisa diatur sedemikian rupa dengan menggunakan kode atau alarm yang dipasang. Misalnya ada pencuri yang berusaha menyerang, bunyikan alarm agar maling panik dan menggagalkan usahanya menggondol mobil Anda.

Waspada
Perhatikan mobil di sekitar jalan atau tempat parkir. Jika Anda melihat ada yang mencurigakan, sebaiknya segera hubungi teman untuk meminta bantuan.

Orang asing
Jangan pernah berhenti kemudian membuka jendela maupun pintu jika ada orang asing yang menanyakan arah atau bahkan meminta bantuan lain. Sepertinya sikap ini kejam, namun Anda harus melakukannya jika tengah berkendara sendirian.

GPS
Sebaiknya Anda juga memasang GPS pada mobil untuk menghindarkan diri dari risiko tersesat. Anda pun tidak perlu turun dari mobil untuk menanyakan tujuan jika ingin pergi ke suatu tempat yang baru.

Memberi tahu teman
Terakhir, beri tahu teman atau keluarga jika Anda berencana untuk bepergian. Dengan demikian, mereka akan merespon dengan cepat jika Anda membutuhkan bantuan di tengah-tengah perjalanan.

Itulah berbagai tips menyetir aman dan nyaman untuk wanita. Semoga perjalanan Anda menyenangkan! (sumber)