Sunday, January 4, 2009

Beranda » Cara Agar Bisa Tidur Lebih Cepat

Cara Agar Bisa Tidur Lebih Cepat

Cara Agar Bisa Tidur Lebih Cepat - Susah tidur, atau sering terbangun ketika tertidur nyenyak adalah masalah umum yang bisa dialami banyak orang. Namun jangan khawatir karena ada cara untuk mengakalinya. Tak perlu mengonsumsi obat, Anda hanya perlu melakukan hal-hal yang disarankan oleh Third Age (03/01).

Membaca buku yang membosankan sebelum tidur
Membawa buku yang membosankan ke tempat tidur akan membuat Anda cepat tertidur pulas. Buku yang membosankan juga membuat Anda lebih cepat kehilangan konsentrasi.

Beli bantal baru
Ada bantal yang memang khusus dibuat untuk orang yang suka tidur terlentang, menghadap samping, atau tidur tengkurap. Jika Anda atau pasangan mendengkur, belilah bantal yang khusus untuk mencegah dengkuran seperti bantal Snore-No-More.

Jangan bergantung pada obat alergi
Alergi terkadang membuat orang terbangun di malam hari. Jika memiliki alergi sebaiknya Anda tak menggantungkan tidur nyenyak hanya pada obat alergi saja. Anda juga harus menggunakan peralatan tidur yang bebas alergi.

Sembunyikan jam
Taruh jam weker atau alarm di tempat yang tidak bisa Anda lihat. Kebanyakan orang tak bisa tidur ketika mereka terus-terusan melihat jam dinding. Jadi sebaiknya terus di tempat yang tak bisa Anda lihat.

Gelap dan sejuk
Pilih ruangan yang gelap dan sejuk. Ruangan yang gelap akan memicu hormon melatonin, yang bisa membuat Anda cepat tertidur pulas. Sementara udara yang sejuk dan tak terlalu panas sesuai untuk suhu tubuh, sehingga membantu Anda tidur lebih cepat. Jika Anda merasa kedinginan, gunakan kaos kaki atau selimut, namun jangan panaskan suhu ruangan.

Bernapas sesuai ritme
Biasanya orang tak bisa tidur karena merasa cemas. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda melakukan terapi napas. Caranya adalah dengan menarik napas dalam empat hitungan. Ketika menarik napas, hitung sampai empat. Kemudian ketika mengeluarkan napas, hitung lagi sampai hitungan ke delapan. Lakukan hal ini berulang kali.

Jangan bergantung pada obat
Tak ada salahnya mengonsumsi obat tidur, namun jangan jadikan kebiasaan. Hanya lakukan jika anda benar-benar memerlukannya.

Tidur dengan pulas akan lebih mudah ketika pikiran tenang dan tak terlalu cemas. Sebelum tidur, cobalah beberapa cara di atas. Semoga Anda bisa tidur pulas malam ini. (sumber)