Thursday, January 8, 2009

Beranda » Ngidam: Tips Mengurangi Mual Muntah

Ngidam: Tips Mengurangi Mual Muntah

Tips Mengurangi Mual Muntah - Ngidam, biasanya menjadi keluhan pertama yang dirasakan wanita hamil. Ngidam ditandai oleh perasaan mual, kadang-kadang disertai muntah. Keadaan ini terjadi akibat diproduksinya hormon ß-hCG oleh tubuh wanita hamil.

Ngidam paling sering terjadi dalam tiga bulan pertama kehamilan. Jarang sekali wanita terus mengalami gejala ini setelah memasuki masa kehamilan selanjutnya.

Mual dan muntah biasanya lebih berat pada pagi hari. Tapi pada beberapa wanita, tidak ada perbedaaan beratnya mual dan muntah antara pagi, siang, atau malam.

Cara Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meringankan mual dan muntah saat ngidam.
  • Usahakan perut selalu terisi, tapi jangan terlalu banyak. Perut kosong dapat memperparah rasa mual. Makan beberapa kali sehari dalam porsi kecil, lebih baik daripada makan tiga kali sehari dengan porsi besar.
  • Untuk meringankan mual pagi hari, sebelum bangkit dari tempat tidur, isilah perut dengan sedikit makanan ringan. Tunggulah beberapa saat sampai makanan itu dicerna usus dengan baik, setelah itu baru bangun.
  • Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup.
  • Usahakan lebih banyak mengkonsumsi protein, misalnya ikan. Hindari makanan yang bersantan atau berlemak, seperti goreng-gorengan.
  • Hindari makanan yang bau atau rasanya membuat anda mual. Contohnya, jus jeruk, susu, kopi, dan teh.
  • Jangan mengkonsumsi zat besi (Tablet Fe) dulu, karena dapat memperberat mual. Lagi pula tablet ini tidak diperlukan pada masa tiga bulan pertama kehamilan.
  • Banyak istirahat, hindari stress dan kelelahan.
Serbuk jahe dalam bentuk kapsul atau air jahe yang diminum secara teratur dapat meringankan mual muntah setelah beberapa hari. Begitu pula dengan vitamin B6.

Untuk ngidam yang ringan, perawatannya lebih baik dilakukan di rumah. Namun jika mual dan muntah sudah parah, anda sebaiknya pergi ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. (sumber)