Tuesday, January 13, 2009

Beranda » Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan

Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan

Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan - Wajar jika anak-anak mengagumi binatang atau Dunia Hewan. Tidak peduli apakah tokoh binatang yang diceritakan di komik-komik, film, ataupun yang mereka lihat langsung baik di rumah, kebun binatang maupun di peternakan.

Ikatan yang berkembang antara anak dan binatang peliharaannya sangat dalam dan bisa seperti ikatan emosional yang terjadi antara mereka dengan orang-orang terdekatnya.

Dengan memiliki binatang peliharaan di rumah, berarti Anda mengajak anak untuk mengenal lingkungan kehidupan binatang ke dalam kehidupannya sehari-hari. Dengan kata lain, seperti pelajaran Biologi sehari-hari.

Hewan peliharaan memberikan kesempatan langsung bagi anak untuk mempelajari secara dekat bagaimana ciptaan Tuhan (selain manusia) bergerak, melihat, mencium, bahkan merasakan. Selain itu, binatang peliharaan dapat membantu anak untuk mengerti berbagai macam binatang.

Manfaat Hewan Peliharaan Untuk Si Kecil

Penelitian memperlihatkan, anak usia 5 tahun yang memelihara atau Ternak Ikan mas di rumah akan lebih baik dan peka dalam mengerti bagaimana kodok makan dan tumbuh besar dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak memiliki pengalaman langsung.

Ikan mas (dan ikan lainnya) juga dapat membantu anak belajar tentang empati. Anak-anak tidak secara otomatis lahir dengan dilengkapi oleh kemampuan melihat dan merasa dari perspektif orang lain. Terutama bila orang lain tersebut sangat berbeda dari mereka (Anda dapat membayangkan seorang anak prasekolah yang memilih mainan atau boneka untuk ulang tahun ayahnya).

Binatang, dengan cara mereka bergerak, makan, serta berkomunikasi, sangat berbeda dari manusia. Ini sekaligus memberikan tantangan kepada anak-anak mengenai perspektif tentang "Saya" atau keakuan.

Masih banyak lagi segi positif yang bisa diperoleh anak dari kecintaannya pada hewan peliharaan. Dengan memiliki bintang semisal hamster, kucing, ikan, atau apa saja, anak diberi kesempatan untuk merawat dan menjaga.

Bila Anda berencana untuk memiliki binatang peliharaan untuk buah hati tersayang, yang harus dimengerti adalah tidak satu binatang pun tepat bagi anak-anak balita, usia prasekolah, atau anak yang masih di bawah umur. Itu sebabnya, memilih jenis binatang peliharaan harus melibatkan sisi keamanan. Setelah itu, baru pertimbangkan campuran antara kebutuhan, temperamen binatang, kepribadian anak, dan keadaan keluarga Anda.

Bila Anda tidak dapat memelihara binatang peliharaan di rumah, jangan khawatir. Toh, Anda tidak harus memiliki binatang peliharaan untuk mengenalkan kehidupan binatang kepada anak-anak. Anda dapat membawa anak ke kebun binatang, seaworld, peternakan, tempat penangkaran, dan lainnya. (sumber)