Tuesday, January 13, 2009

Beranda » Tips Menyikat Gigi Dengan Benar

Tips Menyikat Gigi Dengan Benar

Tips menyikat gigi dengan benar - Kata lagu dangdut, lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Uh, tapi lebih baik tidak sakit hati dan tidak sakit gigi. Soalnya kedua-duanya tidak menyenangkan dan bikin kesel.

Khusus untuk sakit gigi, ada lho cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Yakni, rajin2lah menyikat gigi. Minimal sikat gigi 2 kali sehari, saat pagi dan malam menjelang tidur.

Adapun untuk cara menyikat ada beberapa tipsnya :

1. Cara menyikat gigi paling baik adalah dengan gerakan eliptical. Alias gerakan bulat memanjang pada bagian luar dan dalam gigi. Gerakan naik turun justru akan melukai gusi.

2. Sikatlah gigi selama kurang lebih 3 menit. Untuk mudahnya, sebelum gosok gigi, kamu setel lagu dulu. Sesuaikan lamanya kamu nyikat gigi dengan panjangnya lagu. Karena rata2 satu lagu berdurasi antara 3-4 menit.

3. Pilihlah sikat gigi yang ukuran kepala sikatnya kecil. Jadi bisa menyikat gigi yang paling dalam. Jangan gunakan sikat gigi gede, apalagi yang segede sikat kamar mandi.

4. Sebaiknya kita menyikat gigi setelah memakan makanan manis seperti permen dan cokelat. Juga langsung sikat gigi setelah ngemil makanan ringan. Tujuannya untuk mencegah sisa makanan mengendap di gigi, membentuk plak gigi.

5. Jangan cuma nyikat gigi aja, tapi sikat juga lidahmu. Karena ribuan kuman hidup di lidah. (sumber)