Tuesday, January 13, 2009

Beranda » Tips Gigi dan Mulut

Tips Gigi dan Mulut

Tips Gigi dan Mulut - Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan factor yang sangat penting timbul. Jika bakteri dan kuman dibiarkan berkembang biak maka akan muncul penyakit, seperti radang mulut/sariawan atau stomatitis aphtosa.

Pada penyakit sariawan biasanya timbul peradangan pada mukosa mulut, baik yang akut atau sembuh sendiri dalam beberapa hari. Atu juga yang kronis sehingga sulit sembuh bila tidak diobati. Pada dasarnya, sariawan muncul dikarnakan kering, infeksi jamur/bakteri, tergigit, alergi atau karena kekurangan Vitamin B dan C.

Tak hanya sariawan, penyakit lainnya bisa timbul yakni peradangan gusi (gingivitis). Penyakit ini terjadi berawal pada saat plak yang tidak dibersihkan. Secara teratur & kemudian dapat mengiritasikan gusi dan membuka gusi menjadi merah dan mudah berdarah. Bila dibiarkan maka gusi akan membengkak dan mengakibatkan gigi goyang dan tanggal sendiri.

Plak dan karang gigi juga merupakan bagian dari gigi dan mulut yang tidak sehat. Plak yang merupakan sisa makanan yang ditemani bakteri dan sejumlah protein dari air ludah mengumpul pada gigi. Bila dibiarkan akan menghasilkan asam yang menyebabkan kerusakan gigi.

Bau mulut dan gigi berlubang juga merupakan bagian dari penyakit gigi yang sepertinya sepele. Padahal dapat menyebabkan kesehatan dan juga secara estetika menjadi tidak indah. Untuk itulah kesehatan gigi dan mulut harus tetap dijaga dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur malam. (sumber)