Tentukan prioritas
Buatlah pilihan mengenai aktivitas dalam hidup Anda. Tentukan hal yang menyenangkan dan membuat Anda lebih produktif. Selaraskan juga pekerjaan dengan gaya hidup yang Anda inginkan. Misalkan Anda senang bertemu dan bekerja dengan banyak orang, namun juga ingin punya waktu dengan keluarga. Jangan lagi melakukan pekerjaan secara acak tanpa mengetahui prioritas. Lebih fokus pada hal yang menjadi prioritas tertinggi.
Seimbangkan kegiatan
Kebanyakan orang kesulitan menyeimbangkan waktu untuk keluarga, teman, bermain, hobi, dan lainnya. Jangan mencoba untuk membagi-bagi waktu karena itu tak akan berhasil. Jika bisa, mengapa Anda tak bisa bekerja sambil bermain? Cari teman kerja yang memiliki hobi sama dengan Anda. Ketika pergi dengannya Anda bisa melakukan hobi serta berbincang soal pekerjaan. Anda telah mendapatkan dua hal dalam satu waktu.
Bagi waktu secara aktif
Beberapa kegiatan yang Anda lakukan tidak terlalu produktif, misalkan mengecek jejaring sosial, berbincang dengan rekan kerja, atau lainnya. Buatlah batasan mengenai waktu-waktu yang Anda gunakan untuk mengurus hal-hal tak penting namun menguras waktu Anda. Jejaring sosial bisa menjadi lubang hitam yang menyedot energi dan waktu Anda, namun tidak membuat Anda produktif. Gunakan jejaring sosial, waktu bersama teman dan keluarga seefektif mungkin.
Efisiensi
Anda tidak bisa melakukan semuanya dengan sangat baik. Hal yang bisa Anda lakukan dengan baik biasanya memberikan rasa bahagia yang besar dan bisa Anda lakukan dalam waktu yang relatif tak lama. Jika Anda tak punya waktu, jangan coba-coba melakukan hal lain yang tidak dikuasai dan tidak Anda senangi. Katakan tidak pada kesempatan yang tidak Anda inginkan. Alih-alih menghabiskan waktu untuk hal yang tidak diinginkan, gunakan waktu Anda untuk hal yang benar-benar Anda cintai dan bisa Anda lakukan. Jalani hidup sesuai dengan rencana Anda sendiri.
Belajar dengan aktif
Siapa bilang belajar harus selalu menghabiskan waktu Anda? Jika belajar dengan duduk tenang di meja, mungkin Anda benar. Namun belajar tak harus dilakukan seperti itu. Dengan melakukan banyak hal Anda bisa belajar secara aktif. Belajarlah dari rekan kerja Anda, dari atasan, belajar dari hal-hal baru yang Anda lakukan, dan lainnya. Sambil bekerja, Anda bisa belajar hal-hal baru.
Bersantai
Tak perlu terlalu memaksakan diri untuk memenuhi semua keinginan Anda untuk bekerja dan berakhir dengan mengorbankan kesehatan dan waktu bersenang-senang. Terkadang, ada beberapa hal yang memang harus ditunda sementara untuk mengerjakan hal lain. Itulah gunanya prioritas. Jika beberapa hal tak tercapai, jangan merasa seolah-olah dunia sudah berakhir. Rayakan kemajuan dan pencapaian yang sudah Anda buat.
Enam cara di atas bisa Anda gunakan untuk membuat tahun ini lebih produktif dari tahun kemarin. (sumber)