Thursday, January 8, 2009

Beranda » Benjolan Yang Muncul Jangan Dipencet

Benjolan Yang Muncul Jangan Dipencet

Benjolan Yang Muncul Jangan Dipencet - Sebenarnya, tanpa pengobatan khusus, cacar air akan sembuh dengan sendirinya. Seiring dengan meningkatnya daya tahan tubuh. Meski demikian, jika anak-anak menderita cacar air, sebaiknya tetap diobati agar gejala yang ditimbulkan tidak mengganggu aktivitas anak.

Menurut dr Hengky Indradjaja, biasanya obat yang diberikan sesuai dengan gejala yang ditimbulkan. Jika ada demam diberikan obat penurun panas. Obat-obat lain yang diberikan biasanya untuk menekan rasa gatal. Misalnya sejenis antihistamin dan juga salep atau obat luar yang bekerja untuk mempercepat mengeringnya benjolan. “Selain itu antibiotik juga berguna untuk mencegah meluasnya infeksi virus ke bagian tubuh yang lain,” ujarnya.

Selain itu, gunakan obat dan lakukan cara pengobatan yang benar. Jangan memencet benjolan karena air yang keluar dapat menyebabkan infeksi apabila mengena bagian lain. Selain itu juga akan meninggalkan bekas setelahnya. “Kasihan kalau timbul bekas, belum lagi akan mudah terkena infeksi, sehingga memperlambat penyembuhan,” jelasnya.

Bila menggunakan obat berbentuk salep, berhati-hati jangan sampai merusak benjolan. Bubuhkan salep pada benjolan-benjolan satu per satu dengan teliti. Sebaiknya gunakan cutton bud untuk membubuhkan salep. Setelah mengobati, cuci tangan sampai bersih. Ditanya soal upaya pencegahan, Hengky mengatakan saat ini memang terdapat vaksinasi yang ditujukan untuk mencegah tertular cacar air. Bila vaksinasi ini dilakukan dalam tiga hari setelah berhubungan dengan penderita cacar air, dapat mencegah tertularnya cacar air. Namun jalan ini juga tidak menjamin 100 persen.

Cara terbaik untuk menghindari terjangkit penyakit ini adalah dengan vaksinasi cacar sejak dini. Vaksinasi ini dapat dilakukan sejak berusia satu tahun. Akan tetapi, ada juga anak yang walaupun telah diberi vaksin cacar, tetap terkena cacar air. Hal ini mungkin karena sewaktu dia diberi vaksin cacar, kemampuan tubuhnya untuk membuat daya imun masih lemah. “Pada kasus seperti ini, walau anak terkena cacar air, gejalanya tidak akan berat,” jelasnya. (sumber)