Sunday, January 11, 2009

Beranda » 3 Kebiasaan Buruk Yang Mempengaruhi Kesehatan

3 Kebiasaan Buruk Yang Mempengaruhi Kesehatan

3 Kebiasaan Buruk Yang Mempengaruhi Kesehatan - Korelasi antara kondisi psikologis dengan derajat kesehatan fisik telah lama diakui oleh dunia kedokteran modern. Berbagai seminar psikologi yang membahas stress dan depresi telah banyak membahas mengenai hal ini. Tak terhitung banyaknya pasien yang mengeluhkan penyakit fisik yang sebanarnya dipacu oleh buruknya kondisi psikologis mereka.

Sakit fisik, seperti pusing, maag bahkan korengan ternyata bisa jadi merupakan manifestasi dari emosi dan pikiran yang tidak stabil. Kepribadian 'buruk' dan 'kurang menyenangkan' ternyata dapat memicu hinggapnya penyakit fisik. Sakit badaniah yang diderita seseorang, terkait dengan kondisi emosi yang tidak stabil, pikiran negatif serta kepribadian 'buruk'. Jika Anda merasa punya sikap yang masuk kategori buruk, cobalah mulai diubah. Pribadi yang menyenangkan akan menjadikan tubuh Anda senantiasa fit dan sehat.

Coba anda bandingkan kondisi fisik yang anda alami saat sedang marah dengan suasana gembira dan relaks. Mulut terasa tegang, susu tubuh meninggi, jantung berdebar serta tenggorokkan terasa nyeri karena memendam rasa marah. Sebaliknya, saat anda tertawa atau tersenyum, denyut jantung lebih teratur, bahkan syaraf-syaraf otak terasa lebih rileks.

Berikut 3 kebiasaan pribadi yang tidak sehat yang akhirnya membuat tubuh sakit:

1. Rasa Cemas dan Panik yang Berlebihan
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Douglas Drossman, seorang dosen kedokteran dari University of North Carolina, ditemukan bahwa wanita yang memiliki rasa cemas yang berlebihan pada hal-hal kecil sekalipun akan dengan mudah terserang gangguan pada lambungnya. Ujung-ujungnya, penyakit maag akan rutin mengunjungi Anda!

2. Si Pembosan 'Berat' atau Anda Tidak Sabaran dan Emosional
Apakah irama hidup Anda yang selalu terburu-buru? Apakah Anda selalu gusar berkepanjangan setiap kali Anda terjebak dalam kemacetan? Dan bagaimana tidak kuasanya Anda menahan kemarahan saat harus masuk dalam daftar antrian yang panjang? Jika jawaban untuk semua pertanyaan di atas selalu adalah Ya, percayalah lama kelamaan kondisi ini akan membuat Anda frustasi.

Ketidaksabaran merupakan ancaman tersembunyi bagi kesehatan, karena sifat ini dapat mengaktifkan sistem kardiovaskuler secara terus menerus. Selanjutnya tekanan darah Anda akan cepat naik, kecepatan pernapasan akan meninggi dan otot menjadi tegang

3. Tidak Percaya Pada Diri Sendiri dan Rendah Diri
Biasanya orang yang memiliki sikap mental yang seperti ini sering terlibat pada hubungan yang buruk. Baik itu dalam lingkungan pergaulannya maupun dalam keluarganya. Perasaan rendah diri menyebabkan proses penyembuhan untuk setiap penyakit pada dirinya akan terhambat, meskipun Anda hanya sekedar menderita sakit flu ringan, wah!

Repotnya, sadar atau tidak, seringkali kita mengidap salah satu dari 3 kebiasaan diatas (atau ketiga-tiganya sekaligus?). Jadi, sekarang terserah pada diri Anda. Ingin jadi pribadi yang gembira dan menyenangkan sekaligus sehat. Atau justru sebaliknya? (sumber)