Saturday, June 29, 2013

Untuk Apa Remaja Perlu Banyak Makan Daging?

KOMPAS.com - Masa pertumbuhan tidak hanya terjadi di usia SD. Memasuki masa remaja pun, kurang lebih antara usia 13-19 tahun, tubuh kita masih melalui periode pertumbuhan dan perkembangan. Makanya, remaja harus lebih memerhatikan asupan makanannya untuk membantu mendukung perubahan ini. Pola makan yang kurang bergizi bisa menimbulkan masalah seperti jerawat, gampang capek, menstruasi yang terlalu berat atau ringan, dan mood yang naik-turun.

Salah satu bahan makanan yang amat disarankan untuk remaja adalah daging sapi yang berkualitas. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber nutrisi penting seperti protein, zat besi, seng, dan vitamin A, B2, B6, dan B12. Dr Emma Derbyshire dari Meat Advisory Panel mengungkapkan bahwa terpenuhinya asupan daging akan memengaruhi kondisi fisik remaja seperti berikut:

1. Kulit dan rambut. Kandungan riboflavin (vitamin B2) pada daging merah akan membantu menjaga kesehatan kulit. Seng merupakan substansi lain yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan rambut. Kalau rambut mulai terlihat lepek, segera "hajar" dengan makan daging. 

2. Ketajaman otak. Zat besi, mineral utama pada daging merah, membantu mengusir rasa lelah. Itu sebabnya kalau kekurangan zat besi bisa memengaruhi kinerja mental kita. Daging merah juga mengandung vitamin B6 yang membantu otak berfungsi secara normal. Penting dikonsumsi saat menjelang ujian!

3. Kebugaran. Daging sapi juga merupakan sumber protein yang membantu tubuh membangun massa otot, sekaligus membantu Anda merasa lebih kenyang dan lebih lama. Niacin, nutrisi lain pada daging merah, fungsinya membantu tubuh mendapatkan energi sehingga tubuh terasa lebih bugar dan kuat.

4. Kekebalan. Vitamin A pada daging merah mempunyai peran dalam menormalkan fungsi sistem kekebalan. Hasilnya, daya tahan tubuh lebih baik dan Anda tak mudah terkena flu.

5. Menstruasi. Kandungan zat besi pada daging merah amat membantu remaja putri menghadapi masa haidnya. Sebab, perempuan akan kehilangan banyak zat besi selama menstruasi. Itu sebabnya saat mens Anda merasa lemas dan cepat lelah. Tingkatkan kembali asupan zat besi di dalam tubuh dengan mengonsumsi daging sapi.


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/29/2209278/Untuk.Apa.Remaja.Perlu.Banyak.Makan.Daging.

Rambut Rontok Butuh Nutrisi dari Dalam

KOMPAS.com - Ketika Anda merasakan tanda-tanda kerontokan rambut, diawali dengan terjadinya kerontokan yang terus berlangsung dalam jumlah banyak, biasanya Anda mulai mencari sampo yang mengatasi kerontokan rambut sekaligus memicu pertumbuhan rambut baru. Setelah pemakaian teratur, kerontokan rambut mungkin akan berkurang, tetapi tidak lama. Setelah itu, rambut akan kembali rontok. Ada pula yang kerontokan sama sekali tidak teratasi. Mengapa bisa begitu?

Memilih produk antikerontokan rambut yang terbaik memang menjadi masalah tersendiri. Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda perlu mengetahui penyebab kerontokan rambut. Misalnya, apakah dipicu faktor eksternal (seperti penggunaan produk-produk penataan rambut, merokok, atau kurang tidur), atau faktor internal (stres, atau faktor hormonal).

Yang dilupakan orang adalah, rambut juga butuh nutrisi dari dalam. Oleh karena itu, Erha
mengembangkan produk yang tidak hanya mengatasi kerontokan, tetapi juga meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut dari akar hingga ke ujungnya.

Untuk itu Erha menawarkan solusi kerontokan rambut dalam satu paket, yaitu Erhair Daily Nourishing Shampoo dan Anti Hairloss Tonic. Kedua produk ini diperkaya Diaminopyrimidine Oxyde, bahan aktif yang mampu bekerja secara sinergis untuk mempertahankan folikel rambut, meningkatkan kepadatan dan ketebalan rambut. Ekstrak ginsengnya meningkatkan aliran darah dan menstimulasi mikrosirkulasi sehingga asupan nutrisi rambut dan kulit kepala lebih optimal. Selain itu juga Zinc gluconate arginine yang membantu merangsang pertumbuhan rambut, dan D-Panthenol yang memperbaiki kekuatan rambut dan mencegah rambut rontok.

Untuk memaksimalkan daya kerjanya, Anda disarankan untuk menggunakan sampo dan hair tonic-nya. Anda bisa keramas dengan sampo yang menutrisi ini setiap hari, karena aman bagi kulit yang sensitif. Setelah itu, gunakan hair tonic-nya yang merevitalisasi rambut dan kulit kepala, serta menghambat hormon yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Erhair Daily Nourishing Shampoo (Netto: 250ml Rp 110.000 dan 100ml Rp 50.000) serta Anti Hairloss Tonic (60 ml Rp 95.000) bisa diperoleh di seluruh Erha Clinic dan Erha Apothecary.


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/29/2106213/Rambut.Rontok.Butuh.Nutrisi.dari.Dalam

Banyak Orangtua Andalkan Gadget untuk "Mengasuh" Anak

KOMPAS.com – Zaman sekarang, segala aktivitas pasti berhubungan dengan gadget (perangkat elektronik canggih).  Tak terkecuali, mainan anak-anak Anda. Bahkan, di usia yang relatif masih balita, anak-anak sekarang ini sudah mengenal gadget. Kenapa sih orangtua sekarang ini begitu enteng memberikan gadget untuk anak-anak mereka?

Lebih dari setengah orangtua di Amerika Serikat mengakui, mereka menggunakan gadget seperti komputer tablet dan laptop untuk "mengasuh" anak ketika mereka sedang sibuk bekerja.

Berdasarkan studi dari situs diskon CouponCodes4u yang melibatkan 2.403 responden orangtua di Amerika, 27 persen orangtua mengatakan bahwa anak mereka bermain gadget seperti tablet dan smartphone setiap hari 22 persen mengaku anak mereka menggunakan gadget hanya pada akhir minggu, dan hanya 19 persen yang mengatakan anak mereka jarang memakai gadget.

Hanya 18 persen dari orangtua yang mengatakan mereka jarang mengizinkan anak mereka bermain dengan gadget, dan 15 persen mengakui tidak pernah mengizinkan anak menyentuh gadget.

Rata-rata, orangtua memberikan kesempatan pada anak untuk bermain dengan gadget setidaknya dua kali seminggu. Mayoritas orangtua (45 persen) menggunakan gadget sebagai pengasuh anak mereka, dan 23 persen mengizinkan anak bermain gadget karena mereka ingin mempunyai "me time", sementara 13 persen orangtua sengaja memberikan anak mereka gadget agar anak anteng dan tidak rewel.

"Apalagi saat sedang melakukan rekreasi bersama, orangtua memberikan gadget pada anak mereka, seperti tablet atau smartphone untuk menghibur hati anak," jelas Mark Pearson, pemimpin CouonCodes4u.com.

Tujuh belas persen orangtua mengaku sering memberi gadget ke anak jika anak merasa bosan, dan sembilan persen mengaku memanfaatkan gadget untuk berkomunikasi dalam keluarga. Orangtua yang mengatakan bahwa mereka tidak pernah menggunakan gadget untuk mengasuh anak, lebih memilih menghabiskan waktu sebisa mungkin bersama anak mereka tanpa melibatkan teknologi sebagai sarana hiburan bersama.

"Sepertinya sudah biasa bagi kebanyakan orangtua untuk membiarkan anak-anak mereka bermain dengan perangkat teknologi mereka. Saya cukup terkejut melihat betapa banyak orangtua menggunakan iPhone dan iPad sebagai alat pengasuh anak mereka," ujar Mark.

Menurut Mark, meskipun mengenalkan teknologi pada anak merupakan ide bagus, namun tidak ada yang bisa menggantikan interaksi sesama individu, terutama interaksi bersama anak.

Editor :

Felicitas Harmandini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/29/1703028/Banyak.Orangtua.Andalkan.Gadget.untuk.Mengasuh.Anak

Friday, June 28, 2013

Inspirasi Gaya Berhijab ala Zaskia Mecca

KOMPAS.com - Gaya berpakaian aktris Zaskia Adya Mecca menjadi salah satu inspirasi berhijab bagi kalangan muda. Banyak yang mencontoh gaya Zaskia dalam berbusana muslim. Banyak juga yang menanti Zaskia menerbitkan buku sebagai panduan bergaya dalam balutan busana muslim yang stylish.

Merespons kebutuhan akan panduan berbusana muslim gaya modern, ibu satu anak yang tengah hamil delapan bulan ini meluncurkan buku perdananya di ajang Jakarta Islamic Fashion Week 2013. Buku berjudul Hijab Fascination Zaskia Adya Mecca ini diterbitkan Gramedia Pustaka Utama, dilengkapi bonus DVD berisi tutorial hijab gaya Zaskia.

Menurut Zaskia ada lebih dari 50 gaya berbusana yang ditampilkan dalam buku setebal 184 halaman ini. Sebagian besar isi bukunya merupakan foto dirinya yang ingin memberikan gambaran mengenai gaya busana ala Zaskia. Utamanya memberikan inspirasi padu padan gaya busana, juga perpaduan warna. Selain foto, Zaskia melalui bukunya juga memberikan kiat prakstis berbusana muslim.

"Konsep buku seperti ini belum pernah ada. Menampilkan street style untuk menunjukkan bagaimana memadukan warna juga mix and match busana," ungkapnya saat peluncuran buku di Jakarta Convention Center, Jumat (28/6/2013).

Menurut editor dari Gramedia Pustaka Utama, Nana Listyani, foto yang mendominasi isi buku dibuat dengan tujuan khusus.

"Porsi foto lebih banyak agar pembaca lebih mudah mencerna gaya busana ala Zaskia. Juga agar gayanya lebih mudah diikuti.Inspirasi yang diberikan lebih jelas dengan foto," ungkapnya kepada Kompas Female.

Nana menambahkan, karakter pembaca yang menjadi sasaran buku semacam ini terbagi dua. Yakni mereka yang mencari inspirasi berbusana dengan mengandalkan tutorial berupa tahapan detil mengenai gaya berpakaian. Juga mereka yang lebih membutuhkan gambar untuk mendapatkan inspirasi berbusana muslim. Buku Zaskia lebih menyasar tipe pembaca kedua yang lebih mudah mencerna pesan buku lewat gambar.

Mengaku tak bisa menulis, Zaskia dibantu sepupunya Melissa A Pravieta, penulis, untuk merampungkan buku dalam proses panjang. Zaskia mengaku tak pernah membayangkan akan menulis buku. Namun saat berada dalam titik jenuh dengan berbagai aktivitasnya di dunia peran, selain juga terinspirasi sang suami yang tak henti berkarya dengan film yang membawa banyak manfaat, Zaskia terpanggil untuk merilis buku, memberikan inspirasi dari pengalamannya bereksperimen gaya hijab, juga dari kreativitasnya mencipta ragam koleksi busana muslim di butik miliknya Meccanism.

Seperti apa harapan Zaskia mengenai bukunya? Dalam pengantar buku ia menuturkan, "Menjadi muslimah bukan berarti kita ketinggalan zaman, nggak update, nggak mengikuti mode, dan tampil gitu-gitu aja. Justru menurutku, dengan menjadi muslimah, kita harus smart, beautiful, and fashionable sehingga di mata orang lain kita mempunyai nilai lebih, kita dihargai dan juga menghargai diri sendiri. Nggak ada yang salah dengan tampil cantik dan modis. Hal ini justru mengasah kreativitas otak untuk memadukan jilbab sampai sepatu, form head to toe."

Editor :

Wawa


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/29/0006557/Inspirasi.Gaya.Berhijab.ala.Zaskia.Mecca

Monday, June 24, 2013

Pria Makin Butuh Produk "Kecantikan"

KOMPAS.com – Dulu ada istilah pria metroseksual, yaitu pria yang lebih peduli pada perawatan tubuh dan cara berbusananya. Namun, istilah ini sekarang mungkin sudah hampir tak berlaku. Tak ada lagi pria metroseksual, karena rata-rata pria sekarang ini sudah peduli pada perawatan tubuh dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit dan kosmetik untuk pria.

Menurut sebuah survei baru yang dilakukan terhadap 1.000 pria di Amerika Serikat dan Inggris, pria saat ini merasakan tekanan yang meningkat untuk "mempercantik" diri mereka. Penelitian berjudul "The State of Men" dan dilakukan oleh perusahaan pemasaran J. Walter Thompson ini menemukan bahwa 54 persen pria saat ini secara teratur menggunakan produk perawatan kulit seperti pelembab dan krim mata.

"Seperti kata pepatah, kejantanan jelas didefinisikan ketika pria menjadi seorang pria sejati," jelas Ann Mack, direktur identifikasi tren di J. Walter Thompson. "Makna terhadap jender sekarang mulai kabur, dan para pria merumuskan ide yang lebih bernuansa mengenai apa artinya menjadi pria."

Menurut penelitian, 33 persen pria menggunakan produk hair removal, sembilan persen menggunakan foundation untuk kulit wajah, 11 persen menggunakan bronzer, dan 10 persen menerapkan concealer untuk menutupi noda pada wajah. Untuk perawatan kecantikan tubuh, 29 persen pria melakukan manikur, 24 persen melakukan facial, dan 13 persen rutin mencukur alis.

Berdasarkan data firma riset Euromonitor International, konsumen Amerika Serikat menghabiskan lebih dari  5 milyar dollar untuk berbelanja produk perawatan pria pada tahun lalu. Lebih dari setengahnya membelanjakan produk perawatan kulit dan kosmetik. Pada tahun 1997, nilai yang dihabiskan konsumen untuk produk perawatan kulit pria "hanya" 2,4 milyar dollar.

Bukan hanya itu saja, blog atau situs yang secara khusus membahas perawatan kulit pria, seperti Manface dan Skin Care for Men, menunjukkan bagaimana pria makin terbiasa dengan industri kecantikan, dan mereka dengan cepat menyamai kaum wanita dalam menghabiskan uang untuk hal tersebut.

Perempuan menghabiskan rata-rata Rp 38 juta setiap tahun untuk produk kecantikan dan pakaian, demikian menurut studi tahun 2012 dari situs kasino online RoxyPalace.com. Sedangkan pria menghabiskan kurang lebih Rp 27 juta setiap tahun untuk pengeluaran yang sama. Itu artinya hanya kurang dari Rp 800 ribu per bulan daripada yang dihabiskan oleh kaum perempuan.

Tak mengherankan jika perancang Tom Ford meluncurkan lini perawatan kulit dan kosmetik untuk pria, dan Marc Jacobs meluncurkan kosmetik unisex. Mereka tahu sekali fenomena baru yang terjadi saat ini....

Sumber: Dailymail

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/25/10550292/Pria.Makin.Butuh.Produk.Kecantikan

Christine Hakim: Batik adalah Indonesia

KOMPAS.com - Jauh sebelum Dian Sastrowardoyo ataupun Maudy Koesnaedi berjalan di atas karpet merah Festival Film Cannes, aktris senior Christine Hakim sudah lebih dulu hadir di sana dan menjadi anggota dewan juri bersama aktris Sharon Stone dan Michelle Yeoh. Selain menjadi juri, dia juga membawa misi khusus, yakni membagi-bagikan batik.

"Are you a batik dealer?" tanya Sharon Stone kala itu, setengah bercanda. Lalu, batik-batik yang dibawa Christine pun dipuji dan dikagumi.

"Batik milik Iwan Tirta yang saya bawa saat itu, misinya untuk saya kenalkan sebagai karya anak bangsa di sana, karena bagi saya batik adalah produk dan roh Indonesia," ujar aktris yang kini berusia 56 tahun itu, saat pembukaan pameran "Tribute to Iwan Tirta: Unveiling the Untold Story", di Museum Tekstil Jakarta, Jumat (21/6/2013) lalu.

Dari ceritanya tampak kalau Christine sangat mengagumi karya-karya batik sang maestro. Suatu kali bintang yang bermain dalam film Eat Pray Love itu pernah mewawancarai Iwan secara khusus untuk kepentingan pembuatan film dokumenter.

"Saya melihat Iwan dalam proses membatik seolah sedang meditasi, menarik dan menahan nafas untuk menuntaskan satu garis," ujarnya berkisah.

Dengan demikian, ketika Iwan sudah tiada, ada sesuatu yang tak tergantikan walaupun ada pihak yang meniru dan membuat batik dengan corak yang sama. Karena, dalam setiap karyanya Iwan seolah meniupkan roh yang membuat karyanya berbeda. "Siapapun yang mengkopi karya Iwan tidak akan berhasil, karena nafas Iwan ada di karya itu," ujarnya menegaskan.  

Peraih enam Piala Citra itu juga melihat banyak karya Iwan lainnya yang mengesankan, seperti batik untuk hiasan dinding. Meski mengaku tidak mengoleksi karya Iwan Tirta, saat ini Christine memiliki tujuh rancangan desainer bernama asli Nusjirwan Tirtaamidjaja itu. "Dari tujuh yang saya punya, lima di antaranya adalah hadiah dari Iwan," ungkapnya.

Hadiah itu diberikan dalam jeda waktu yang berbeda. Misalnya sewaktu sukses film Tjoet Nja' Dien (1988) Iwan Tirta menghadiahkannya satu batik yang sederhana tapi langka, yakni motif poleng. Kemudian sewaktu film Daun di Atas Bantal (1998) beredar, Christine dihadiahi sarung batik. Hingga saat ini, Christine belum pernah lihat motif seperti itu.

"Kita semua pasti merindukan iwan, emoga apa yang dia telah buat dan diperjuangkan menjadi ibadah," ujar Christine sembari tersenyum.

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/24/21421568/Christine.Hakim.Batik.adalah.Indonesia

UI Fashion Week, Wadah Kreasi Mahasiswa Pecinta Fashion

KOMPAS.com - Setelah sukses menggelar ajang fashion week yang pertama, mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali mengadakan UI Fashion Week 2013 (UIFW). Ajang ini diadakan dengan tujuan untuk mewadahi sisi kreatif mahasiswa di bidang fashion. Uniknya, ajang ini bukan hanya mewadahi anak muda yang kuliah di universitas ini saja, tapi semua mahasiswa dari berbagai universitas.

"Acara ini bertujuan untuk menjembatani bakat-bakat anak muda dalam dunia fashion dengan potensial buyer dan memperkenalkan (karya) mereka kepada khalayak ramai," jelas Annisa Putri Adisty, Project Officer UI Fashion Week 2013, saat konferensi pers di Munchies, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2013).

Tahun ini tema yang dipilih adalah "The Acculturashion: Celebration of Indonesian Anthology". Pemilihan tema ini dilatarbelakangi oleh pergerakan dunia fashion ke arah akulturasi mode dalam menciptakan kreasi busana yang unik dan modern.

Dalam misinya untuk mendukung generasi muda yang telah berkarya hingga akhirnya memiliki clothing line secara mandiri, UI Fashion Week juga menghadirkan program Designer Application. Ini merupakan suatu kompetisi untuk memilih desainer-desainer dari kalangan mahasiswa yang berkesempatan tampil di panggung mode UIFW.

"Program Desaigner Application ini awalnya diikuti oleh 47 desainer dari universitas di beberapa daerah di Indonesia. Namun setelah proses seleksi selama satu bulan, hanya ada delapan desainer yang terpilih," tambah Annisa.

Delapan desainer tersebut adalah ProMEsse by Aprilian Tika (IKJ), Prolog (Universitas Padjajaran), Nyi Iteung (Universitas Katolik Parahyangan), ZUM by Siti (UI), Fleur de Vyn (Universitas Indonesia), Grace & Mercy (Universitas Padjajaran), Busana Nona (Universitas Indonesia), dan Glaechi Apparel (Universitas Indonesia).

Selain fashion show dari desainer muda, beberapa desainer terkenal seperti Danjyo Hyoji, Barli Asmara, Lenny Agustin, dan Alexalexa juga akan memamerkan koleksinya. UIFW juga akan menghadirkan 48 booth dan bazaar dari 60 merek busana.

Untuk memberikan nuansa yang berbeda dengan penyelenggaraannya yang pertama, tahun ini UIFW 2013 juga mengadakan UIFW Model Search dan UIFW Band Audition. Setelah mengadakan serangkaian seleksi, UIFW Model Search mendapatkan 11 nama finalisnya, yaitu Shita Paramita, Saskia Lengkey, Kartika Ayu, Valerie Krasnadewi, Mutiara Febrika, Meli Muljayanti, Eugene Kharisma, Randy Stephanus, Sandy Sanjayatna, Dlaify Bruinsma, dan Angga Bastari.

"Nantinya, dua pemenang model pria dan wanita yang terpilih akan mendapatkan hadiah berupa kontrak model dari agensi ternama di Indonesia," katanya.

Ajang fashion dari Universitas Indonesia ini rencananya akan diadakan selama tiga hari mulai 28-30 Juni 2013 di main atrium Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/24/17510417/UI.Fashion.Week..Wadah.Kreasi.Mahasiswa.Pecinta.Fashion

UI Fashion Week, Wadah Kreasi Mahasiswa "Fashion Design"

KOMPAS.com - Setelah sukses menggelar ajang fashion week yang pertama, mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali mengadakan UI Fashion Week 2013 (UIFW). Ajang ini diadakan dengan tujuan untuk mewadahi sisi kreatif mahasiswa di bidang fashion. Uniknya, ajang ini bukan hanya mewadahi anak muda yang kuliah di universitas ini saja, tapi semua mahasiswa dari berbagai universitas.

"Acara ini bertujuan untuk menjembatani bakat-bakat anak muda dalam dunia fashion dengan potensial buyer dan memperkenalkan (karya) mereka kepada khalayak ramai," jelas Annisa Putri Adisty, Project Officer UI Fashion Week 2013, saat konferensi pers di Munchies, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2013).

Tahun ini tema yang dipilih adalah "The Acculturashion: Celebration of Indonesian Anthology". Pemilihan tema ini dilatarbelakangi oleh pergerakan dunia fashion ke arah akulturasi mode dalam menciptakan kreasi busana yang unik dan modern. Dalam misinya untuk mendukung generasi muda yang telah berkarya hingga akhirnya memiliki clothing line secara mandiri, UI Fashion Week menghadirkan program Designer Application. Ini merupakan suatu kompetisi untuk memilih desainer-desainer dari kalangan mahasiswa yang berkesempatan tampil di panggung mode UIFW.

"Program Desaigner Application ini awalnya diikuti oleh 47 desainer dari universitas di beberapa daerah di Indonesia. Namun setelah proses seleksi selama satu bulan, hanya ada delapan desainer yang terpilih," tambah Annisa.

Delapan desainer tersebut adalah ProMEsse by Aprilian Tika (IKJ), Prolog (Universitas Padjajaran), Nyi Iteung (Universitas Katolik Parahyangan), ZUM by Siti (UI), Fleur de Vyn (Universitas Indonesia), Grace & Mercy (Universitas Padjajaran), Busana Nona (Universitas Indonesia), dan Glaechi Apparel (Universitas Indonesia).

Selain fashion show dari desainer muda, beberapa desainer terkenal seperti Danjyo Hyoji, Barli Asmara, Lenny Agustin, dan Alexalexa juga akan memamerkan koleksinya. UIFW juga akan menghadirkan 48 booth dan bazaar dari 60 merek busana.

Untuk memberikan nuansa yang berbeda dengan penyelenggaraannya yang pertama, tahun ini UIFW 2013 juga mengadakan UIFW Model Search dan UIFW Band Audition. Setelah mengadakan serangkaian seleksi, UIFW Model Search mendapatkan 11 nama finalisnya, yaitu Shita Paramita, Saskia Lengkey, Kartika Ayu, Valerie Krasnadewi, Mutiara Febrika, Meli Muljayanti, Eugene Kharisma, Randy Stephanus, Sandy Sanjayatna, Dlaify Bruinsma, dan Angga Bastari.

"Nantinya, dua pemenang model pria dan wanita yang terpilih akan mendapatkan hadiah berupa kontrak model dari agensi ternama di Indonesia," katanya.

Ajang fashion dari Universitas Indonesia ini rencananya akan diadakan selama tiga hari mulai 28-30 Juni 2013 di main atrium Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/24/17510417/UI.Fashion.Week..Wadah.Kreasi.Mahasiswa.Fashion.Design

Atasi Stres dengan "Meditasi Email"

KOMPAS.com - Salah satu rutinitas di kantor yang bisa menimbulkan ketegangan bahkan memicu stres adalah mengecek dan menghapus email, juga mengirim email penting ke rekan bisnis.

Studi menemukan fakta bahwa mengecek dan mengirim email di tempat kerja bisa meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan level hormon kortisol pemicu stres.

"Pekerjaan yang terkait dengan email bisa bikin stres. Agar tak jadi stres dan kewalahan dengan email, perlu cara untuk menyegarkan diri sendiri,"tutur Dr Lillian Cheung, pakar meditasi kesadaran diri yang juga adalah direktur editorial The Nutrition Source di Harvard.

Menurutnya, melakukan meditasi singkat sebelum mengirim email bisa mengatasi stres di kantor. Cara ini bisa mengembalikan kesadaran diri sehingga kesibukan bekerja tak membuat seseorang mengalami ketegangan berlebihan.

Caranya, sesaat sebelum mengirim email, lakukan latihan pernafasan. Setelah mengetik pesan email Anda, berhenti sejenak, lalu ambil nafas dalam-dalam sebanyak tiga kali, fokuskan perhatian pada pernafasan (tarik dan buang nafas perlahan). Lalu katakan kepada diri sendiri saat menarik nafas, "Saya berterima kasih dengan adanya internet". Lalu saat membuang nafas katakan, "Saya mengirim email ini dengan penuh kesadaran". Setelah itu, masukkan penerima email atau alamat email yang ingin dilampirkan, dan klik kirim email.

"Cara ini tak hanya membuat Anda lebih tenang, tapi juga mencegah Anda membuat kesalahan saat mengirim email," ungkap Cheung.

Tak butuh waktu lama untuk berhenti sejenak dari rutinitas mengirim email di kantor. Anda pun bisa lebih rileks dan pekerjaan terselesaikan dengan baik.

Sumber: Huffington Post

Editor :

wawa


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/24/16423280/Atasi.Stres.dengan.Meditasi.Email

Pilih Dibutuhkan atau Tak Tergantikan?

KOMPAS.com - Mungkin tak ada pegawai yang tak tergantikan (irreplaceable). Namun Anda bisa menjadi salah satu yang dibutuhkan atau harus ada (indispensable). Ada perbedaan dasar pada keduanya, tapi mana yang lebih baik?

Dibutuhkan
Kisah petinggi Google yang pindah ke Yahoo menggambarkan sosok indispensable.

Marissa Mayer, President dan CEO Yahoo semakin dikenal di dunia teknologi, setelah berhasil membesarkan Google. Ia termasuk salah satu orang penting di Yahoo. Marissa pernah menduduki berbagai posisi dan bertanggung jawab atas pengembangan berbagai produk Google. Salah satunya layanan Google Search.

Banyak orang mengagumi kerja Mayer, salah satunya chairman Google Eric Schmidth. "Saya sudah bekerja dengannya beberapa tahun dan dia adalah perempuan hebat, sangat inovatif, dan perfeksionis," puji Eric.

Di tengah kesuksesannya membersarkan Google, ia mendapat tawaran pindah ke Yahoo, perusahaan kompetitor yang saat itu pamornya sedang turun. Tak disangka, ia menerima tantangan itu.

Gaya kepemimpinan Mayer dipercaya dapat membenahi Yahoo. Di Google, Mayer terkenal dengan gaya kepemimpinannya yang inspiratif. Menurut Carmine Gallo, penulis buku The Presentation Secrets of Steve Jobs, Mater memiliki tiga ciri pemimpin yang berkualitas. Dia memiliki passion terhadap pekerjaannya, persuasif, dan mampu memotivasi timnya.

Multiperan
Menjadi seseorang yang dibutuhkan berarti kita mampu memberikan dampak besar di mana pun kita berada. Ini lebih dari sekadar karakteristik seseorang, tapi merupakan kombinasi dari cara pandang sekaligus keahlian yang dimilikinya.

Orang yang dibutuhkan umumnya mampu menangani berbagai macam proyek, menjalankan peran apa pun dengan baik, berani menghadapi setiap tantangan dan dengan mudah membuat segalanya berjalan baik dan lancar. Ia seakan tahu apa yang harus dilakukan dan mampu memanfaatkan setiap skill yang dimilikinya.

Sedangkan menjadi tak tergantikan justru sebaliknya. Biasanya, orang tipe ini cenderung menyimpan ilmu dan keterampilan, dan berbagai informasi lainnya hanya untuk dirinya sendiri. Dia enggan membaginya dengan rekan kerja lain, karena merasa terancam posisinya akan tersingkir. Padahal sebenarnya ini adalah langkah yang salah.

Coba pikirkan kembali, jika posisi Anda tak tergantikan, ini berarti memperkecil kesempatan untuk mendapatkan promosi. Kesempatan mengembangkan karier di perusahaan lain pun bisa mandek. Namun menjadi indispensable membuat Anda punya kesempatan besar untuk memajukan karier.

(Majalah Chic/Ayunda Pininta Kasih)

Editor :

wawa


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/24/14570440/Pilih.Dibutuhkan.atau.Tak.Tergantikan

Saturday, June 22, 2013

"Fashion Film", Panggung Catwalk yang Baru?

KOMPAS.com - Selain Paris, London juga mendapat banyak perhatian dunia dalam urusan mode. Tak cuma kreativitas dalam desain yang melahirkan banyak desainer kelas dunia, tapi juga inovasi-inovasi yang telah tercipta dari kota ini untuk memajukan dunia mode.

Di dunia fashion, Inggris menjadi pelopor penggunaan media digital yang kemudian tumbuh subur di dunia. Inggris memperkenalkan inovasi terbarunya yang dikenal dengan Fash/On Film atau fashion film atau film mode.

Fashion film adalah kompilasi dokumentasi style dari sebuah lini pakaian dan dibuat sebagai sarana promosi secara halus dari brand pakaian tersebut. "Ibaratnya film ini mirip seperti video klip musik, durasinya pun berkisar beberapa menit saja," ungkap Katryn Ferguson, sutradara fashion film dari Inggris, saat konferensi pers di Dia.Lo.Gue Artspace, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2013) lalu.

Film-film pilihan dari dunia mode ini diputar di sela-sela pertunjukan catwalk dan ruang pameran para desainer yang ingin mempresentasikan koleksi rancangan mereka secara digital. London Fashion Week misalnya, merupakan ajang internasional fashion pertama yang meluncurkan platform digital ini.

Videografer Rendy Surindapati mengungkapkan bahwa ke depannya cara promosi fashion seperti ini akan banyak diminati desainer. "Selama ini mereka belum sadar pentingnya promosi dengan cara ini. Sebagian besar lebih sibuk mengurus toko, pesanan, iklan, dan lainnya. Padahal film seperti ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi mereka ke depannya," jelas Rendy, sesaat setelah konferensi pers.

Rendy juga mengatakan, awalnya fashion film ini mulai diminati di Eropa karena pelaku industri mode sudah jenuh dengan iklan-iklan komersil yang terang-terangan menjual produknya. Hal ini menyebabkan mereka ingin melihat tayangan iklan yang tidak terlalu komersil namun bisa memesona dan memanjakan mata dengan segala keindahannya.

"Ke depannya, saya yakin fashion film ini lebih penting daripada catwalk. Karena dalam film ini desainer bisa mengeksplor banyak hal, tak cuma koleksi baju saja. Bahkan nantinya, fashion film ini akan menjadi the new catwalk," katanya.

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/22/13433673/Fashion.Film..Panggung.Catwalk.yang.Baru

Friday, June 21, 2013

Tofu Bantu Mengikis Lemak Perut

KOMPAS.com – Meski berat badan perlahan sudah mulai turun, tapi yang membutuhkan proses lebih lama dan sulit untuk diatasi adalah bagian perut. Sit-up secara teratur ternyata tak segera membuat Anda mampu mendapatkan perut rata sesuai impian.

Ya, olahraga memang cara yang tepat agar berat badan Anda cepat turun. Tapi untuk mengecilkan perut tak cukup hanya dengan olahraga. Asupan makanan tertentu dapat membantu proses pengecilan perut dengan cepat.

Tahu adalah salah satu bahan makanan yang diketahui memiliki protein tinggi dan nutrisi lainnya. Karena kandungan proteinnya, mengonsumsi tahu bisa membantu Anda merasa kenyang meskipun kalorinya lebih sedikit. Menurut Department of Agriculture's National Nutrient Database, Amerika, dalam setengah cangkir tahu Anda akan mendapatkan sekitar 10 gr protein. Sedang sebuah review dari American Journal of Clinical Nutrition tahun 2008 mendapati bahwa protein meningkatkan rasa kenyang dengan cara lebih daripada karbohidrat dan lemak.

Protein tanpa lemak, yang terdapat pada dada ayam dan ikan, juga pada tahu dan kacang-kacangan, berfungsi membangun kebanyakan massa otot di tubuh Anda. Tanpa asupan protein yang cukup setiap hari, Anda akan mulai kehilangan massa otot ketika Anda menurunkan berat badan, sehingga dapat memperlambat metabolisme. Dan, tidak seperti protein yang berasal dari tanaman lain, protein kedelai dikategorikan sebagai protein yang komplet, dan mengandung semua jenis asam amino yang penting.

Nah, coba konsumsi jenis-jenis protein tanpa lemak ini dalam seminggu. Imbangi dengan olahraga berintensitas tinggi untuk membakar lemak perut. Pilates atau Zumba, misalnya, akan membantu memperkuat otot-otot perut sehingga perut menjadi lebih kencang.

"Tahu dapat digunakan dalam berbagai resep, tetapi jika Anda menggunakannya untuk diet, pertimbangkan untuk mengombinasikannya dengan salad dan sayuran warna-warni lainnya. Ini akan memberikan kesegaran tahu, dan bisa dijadikan camilan sederhana," jelas Shin Dong-ju, seorang penulis nutrisi makanan.

Tahu merupakan produk yang serbaguna, dan tersedia dalam berbagai tekstur serta ukuran yang berbeda. Anda dapat bereksperimen saat mengolah tahu. Paling gampang memang menambahkan tahu pada sayuran tumis kesukaan Anda. Atau membuat tahu telur (putih telurnya saja), tahu isi sayur, pepes tahu, sup tahu (miso), dan lain sebagainya.

Tahu juga bisa diasinkan atau dipanggang dengan paprika, bawang, dan tomat. Gunakan tahu dalam berbagai olahan untuk mengurangi kebosanan. Perut rata sesuai impian dapat Anda raih, jika tahu dapat dimanfaatkan dengan baik, serta dengan porsi yang seimbang. Selamat mencoba!

(Dari berbagai sumber)

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/22/11582593/Tofu.Bantu.Mengikis.Lemak.Perut

Pusaka Iwan Tirta, Kisah yang Belum Terungkap

KOMPAS.com - Ternyata desainer Iwan Tirta pernah mendirikan PT Pusaka Iwan Tirta pada tahun 2008. Ada karya-karya koleksi aslinya yang tersimpan rapi, dan selama ini belum terungkap dan dipertunjukkan.

Untuk kali pertamanya, koleksi karya asli tersebut dipamerkan di Museum Tekstil, Jakarta, dari 21 - 25 Juni 2013. Ada sekitar 150 kain batik dan 250 keramik yang pernah dibuat sang maestro batik ini.

Musa Widyatmodjo, perancang busana sekaligus konsultan PT Pusaka Iwan Tirta menuturkan, pameran ini merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan ke publik bahwa ada karya-karya asli almarhum yang selama ini belum terungkap. Koleksi tersebut dibuat di bawah supervisinya, termasuk yang sewaktu masih hidup belum terselesaikan.

"Butuh waktu tiga tahun untuk memelajari dan menyiapkan ini, saya telusuri dari mendengar langsung, cerita para sahabat, hingga dokumen tertulis," ujar Musa, dalam pembukaan pameran bertajuk "Tribute to Iwan Tirta; Unveiling the Untold Story" di Museum Tekstil Jakarta, Jumat (21/6/2013) lalu.

Sebelum muncul banyak pertanyaan mengenai Pusaka Iwan Tirta serta koleksi asli ini, Musa lalu membagi cerita dengan mengungkap kisah yang selama ini belum pernah dipublikasi. Menurutnya, Iwan Tirta semasa hidupnya mengalami banyak lika-liku. Di tahun 1975, Iwan mendirikan Rama Craft. Seiring berjalannya waktu, perusahaan memakai namanya sebagai brand.

Iwan perlahan mulai mengurangi peran di Rama Craft, namun tanpa bisa memakai nama Iwan Tirta. Pada tahun 2003, dia mulai mendirikan perusahaan baru dengan nama PT Iwan Tirta Private Collection. Beberapa koleksinya hadir di mall dan berkembang jadi produk komersial.

Musa menuturkan, kerjasama dengan PT Iwan Tirta Private Collection tidak diketahui lebih jauh karena bersifat personal. Pada tahun 2007, Iwan sempat terpuruk dan sakit. Dari ceritanya diketahui kalau Iwan mulai menyadari dirinya sudah tua dan seorang diri. Timbul kegelisahan-kegelisahan, yang kemudian mendorong terjadinya proses pelimpahan hak di bawah tangan, dengan ataupun tanpa akta.

Sosok yang dipilih Iwan saat itu, tidak mau diketahui publik. Dia tidak mau ditugaskan tanpa di bawah perusahaan, sehingga akhirnya secara resmi lahirlah PT Pusaka Iwan Tirta. Almarhum sendiri sebagai salah satu pendirinya di tahun 2008.

"Hari ini mengungkap cerita yang tak pernah terungkap. Ini karya-karya asli Iwan Tirta, yang disupervisi, dikerjakan setengah jalan dan belum selesai," tambah dia.

Musa lalu memamerkan sejumlah motif batik yang ia siapkan, dari bentuk sketsa hingga gambar yang sudah jadi. Menurut dia, total ada 6.000 desain yang sudah dibuat dan masing-masing bernilai tinggi.

Pameran kali ini menjadi langkah pertama untuk menampilkan karya-karya Iwan Tirta yang belum pernah dirilis ke hadapan publik. Selain memamerkan koleksi asli Iwan, pada malam pembukaan turut serta peragaan busana sejumlah desainer yang terinspirasi Iwan Tirta, seperti Musa Widyatmodjo, Chossy Latu, Anne Avantie, dan Poppy Dharsono. Masing-masing menampilkan empat set koleksi.

Pameran ini berlangsung dari 21 sampai 25 Juni 2013 di Museum Tekstil, Jakarta. Beberapa karya asli tidak diizinkan untuk dipotret untuk menjaga keasliannya, dan supaya tidak ditiru.

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/22/07454558/Pusaka.Iwan.Tirta..Kisah.yang.Belum.Terungkap

Kulit Wajah Mulus Butuh Banyak Proses Perawatan

KOMPAS.com – Memiliki kulit wajah yang sehat dan halus merupakan dambaan kaum perempuan; Anda pasti salah satunya. Tetapi, untuk mendapatkan hasil kulit yang halus dan kencang, dibutuhkan proses perawatan yang cermat dan teratur. Dengan kata lain, tidak cukup bila Anda hanya membersihkan kulit dengan menggunakan cleanser milk dan toner saja.

Tetapi, tahukah Anda tahapan seperti itu kurang melengkapi kebutuhan untuk menghasilkan kulit wajah yang sempurna? Contoh saja, kulit wajah yang dimiliki perempuan Korea Selatan. Kulit mereka yang lembut dan tampak bersinar diraih karena tahapan perawatan kulit yang berlapis-lapis, serta dilakukan dengan teratur dan penuh kedisiplinan. Nah, siap tidak sih Anda menerapkan proses perawatan seperti ini?

Etude House, brand kosmetik terkemuka asal Korea, meluncurkan gerakan Healthy Face Movement sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan wajah perempuan Indonesia. Program ini ditujukan untuk mengedukasi perempuan untuk menjaga kesehatan kulit muka dengan melakukan "3ME", yaitu membersihkan wajah dengan skin care, memakai pelembab atau alas bedak, dan membersihkan wajah kembali setelah beraktivitas.

"Sekarang ini perkembangan teknologi makin meningkat, banyak wanita yang mengunggah video tutorial kecantikan melalui situs jejaringan sosial. Potensi tersebut sudah menjadi tren, dan beberapa riset juga mengatakan minat wanita terhadap tren kecantikan mencapai 80 persen. Itu sebabnya, kami ingin menularkan semangat sesama perempuan untuk semakin peduli akan kesehatan kulit wajah mereka," ujar Melia Erlina, General Manager Etude House Indonesia, saat konferensi pers di Atrium Mall Taman Anggrek, Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Program ini bisa diikuti oleh perempuan dari berbagai kalangan usia, dengan mengunggah video tahapan perawatan kulit wajah sehari-hari di www.healthyfacemovement.tk. Melia menambahkan, program ini diharapkan dapat mengedukasi para wanita Indonesia, bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat dan sempurna diperlukan proses pembersihan dan perawatan yang melalui banyak tahapan. Apa yang dihasilkan oleh keindahan alami kulit wajah perempuan Korea, disebabkan tak lain karena ketelatenan mereka pada proses perawatan kulit yang melalui banyak tahapan.

"Kesehatan kulit tidak bisa didapatkan secara instan. Mengunggah video tutorial mereka sama halnya memberikan inspirasi dan saling mendukung perempuan satu sama lain untuk mendapatkan kulit yang sehat juga," paparnya.

Program Healthy Face Movement dilaksanakan dari 24 Juni sampai 31 Agustus 2013. Etude House menyediakan hadiah Rp 3 juta (pemenang I), Rp 2 Juta (Pemenang II), dan Rp 1 Juta (Pemenang III). Selamat mencoba!

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/21/2041597/Kulit.Wajah.Mulus.Butuh.Banyak.Proses.Perawatan

Thursday, June 20, 2013

Nasi Dadu Berkuah

Bahan:
300 gr nasi pulen
1 btr telur
75 gr kacang polong atau buncis cincang
2 sdm wortel cincang
150 gr taoge, seduh dengan air mendidih
1 sdm seledri cincang, untuk taburan

Kuah:
5 btr bawang merah, cincang
3 siung bawang putih, cincang
1 sdt jahe cincang
1 sdm minyak goreng, untuk menumis
3 bh cabai hijau, potong 1½ cm
2 bh cabai merah, potong 1½ cm
3 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
10 cm pangkal batang serai, memarkan, simpulkan
3 cm jahe, memarkan
1000 ml air
1 btg daun bawang, potong 2 cm
¼ sdt merica bubuk
½ sdt gula pasir
1½ sdt garam
2 sdm air jeruk lemon/ nipis

Cara membuat:
1. Masukkan nasi, telur, dan kacang polong atau buncis dalam mangkuk blender. Proses hingga lembut, tuang ke dalam loyang 15x15x4 cm yang sudah dialasi daun pisang atau serbet. Taburi wortel cincang, aduk rata. Kukus hingga masak. Sisihkan hingga dingin. Lepas bungkusnya, potong dadu 2½ cm.
2. Buat kuah: tumis bawang merah, bawang putih, dan jahe hingga harum. Masukkan cabai hijau, cabai merah, daun jeruk, serai, dan jahe. Aduk-aduk hingga cabai berubah warna, masukkan air. Didihkan hingga cabai layu, tambahkan daun bawang, merica bubuk, gula pasir, dan garam, angkat. Buang daun jeruk, serai, dan jahe. Bubuhi air jeruk lemon atau jeruk nipis.
3. Tata nasi kotak di piring saji, beri taoge. Siram dengan kuah dan taburi seledri. Sajikan bersama perkedel tempe.

Untuk 6 Orang

Resep: Wied Harry Apriaji-Ahli Gizi Kuliner Sehat & Presenter TV
Penyusun: Nuraini Wahyuningsih
Penata Saji: T. Firta Hapsari
Foto: Ahmad Fadillah/NOVA

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/21/11523044/Nasi.Dadu.Berkuah

Rambut Tetap Sehat Setelah Direbonding

KOMPAS.com - Proses pelurusan rambut yang populer disebut dengan istilah rebonding atau smoothing, seringkali diikuti dengan keluhan atau kondisi rambut yang cenderung berubah menjadi kusam, kering dan rontok, akibat bahan kimiawi yang terkandung didalam produk-produk khusus rebonding dan smoothing.

Bahkan kerusakan parah juga terjadi pada bagian kulit kepala, ujung dari helai rambut setelah melakukan proses pelurusan rambut. Untuk mendapatkan kembali rambut Anda yang sehat, halus dan terawat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan demi menjaga kesehatan mahkota Anda tersebut.

1. Rambut rusak setelah diluruskan biasanya dipengaruhi oleh krim dan obat yang tidak sesuai saat proses pelurusan. Jenis dan tekstur rambut yang berbeda sangat menetukan proses pemilihan krim yang akan dipakai. Karena tingkat resistensi dan peresapan rambut akan sangat berpengaruh terhadap masalah kusam dan kering yang ditimbulkan. Pastikan, produk pelurus rambut Anda mengandung protein susu yang mampu memberikan efek hidrasi dan bebas 100 persen dari Amonia.

2. Pilih sampo yang diformulasikan khusus untuk dipakai sehari-hari secara rutin bagi rambut yang telah mengalami pelurusan, yang mengandung bahan hydropolyzrd soy yang mampu menutrisi rambut agar tetap sehat dan terawat.

3. Gunakan kondisioner dengan kandungan botanical extract from oryza (rice) yang dapat memberikan kelembaban ekstra, serta menguatkan batang rambut setelah Anda membersihkan rambut dengan sampo. Kondisioner sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki rambut lurus yang berkilau.

4. Lakukan perawatan hair mask atau masker rambut secara rutin dua kali dalam seminggu. Masker rambut dengan bahan alami yang mengandung aloevera dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Anda dapat memilih masker rambut yang mengandung sebum control untuk menjaga kondisi rambut tetap seimbang dan tidak berminyak.

5. Agar rambut mudah diatur dan memiliki tekstur yang lembut dan berkilau, gunakan anti frizz spray dan multivitamin serum yang mengandung hydroglycolic form virgin olive dan wild theme yang berfungsi menjadi tonik bagi batang rambut yang mengalami pelurusan dan cenderung mudah rapuh.

6. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi suplemen untuk kesuburan dan kesehatan rambut yang mengandung vitamin A, C, E, dan K1.

Sebenarnya resiko rambut menjadi kering atau rusak setelah proses pelurusan atau pewarnaan dapat diminimalisasi. Untuk rambut yang sudah terlanjur kering, kasar, dan bercabang, penggunaan produk seperti hair vitamin sangat disarankan. Usahakan untuk melakukan perawatan rambut terlebih dahulu sebelum menjalankan proses pelurusan atau pewarnaan rambut.

(Tabloid Nova/Ridho Nugroho)

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/21/07570791/Rambut.Tetap.Sehat.Setelah.Direbonding

5 Ciri Komentar Negatif

KOMPAS.com - Tim peneliti dari Rice University di Houseton menemukan bahwa perempuan lebih ekspresif dalam berkomunikasi. Itu sebabnya, perempuan lebih senang berkomentar daripada laki-laki. Namun, keseringan komentar juga bisa bikin ketagihan. Dimulai dari iseng, berkembang jadi habit, dan berakhir dengan komen sana-sini.

Ibarat minum obat, komentar bisa membuat seseorang termotivasi jadi lebih baik. Bila over dosis, bisa berakhir buruk bagi penderitanya. Pikir dua kali sebelum bicara bila komen kita masuk dalam kategori ini.

1. Membanding-bandingkan
. Enggak ada orang yang senang dibandingkan dengan orang lain, apalagi bila orang lain lebih bagus dari dirinya. Bila ingin menyampaikan komen, fokuslah pada orang yang dituju, tak perlu menghadirkan orang ketiga. Misalnya, "Hasil kerja kamu kurang oke, beda dengan si C."

2. Mendoakan yang tidak baik. Tanpa sadar komentar sering diiringi dengan doa yang tidak baik, lho. Isi komen: "Gaya dandan si A enggak banget deh", namun kita sering menambahkan:  "Pasti susah deh dapat pacar!" Sudah komen, nyumpahin pula.

3. Mematahkan impian. Tak semua orang punya hati sekeras baja, ada juga yang selembut sutra. Untuk sebagian orang, komentar pedas bisa membuat mereka down, enggak pede, sakit hati, bahkan menangis tersedu-sedu. Daripada berkomentar, mengapa tak berikan solusi?

4. Menggunakan kata kasar. Walau yang kita komentari adalah anak buah, Office Boy, atau pelayan, menggunakan kata kasar yang menjatuhkan derajat seseorang sama sekali tidak layak didengar. Malah membuat diri kita dinilai tak punya sopan santun oleh orang sekitar.

5. Menambah musuh. Merasa komen sudah baik tapi musuh semakin banyak? Artinya kita perlu me-review ulang cara kita berbicara. Bisa jadi kata-kata kita selama ini menyakiti hati orang lain walau niatnya baik. If you want to be heard, you must first listen.

(CHIC/Ayunda Pininta Kasih/Equita Maulidya)  

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/21/06525547/5.Ciri.Komentar.Negatif

Yang Bikin Kopi Tetap Nikmat

KOMPAS.com - Kenikmatan kopi yang sesungguhnya terletak pada aroma aslinya yang tak hilang saat diseduh dan siap disantap. Untuk mempertahankan kenikmatan kopi ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jangan mengaku penikmat kopi jika tak pedulikan beberapa faktor ini.

Coffee Roaster, Arief Said, mengatakan pilihan biji kopi sangat menentukan kenikmatan kopi itu sendiri. Arief menjelaskan kenikmatan rasa kopi dipengaruhi faktor tanah di mana biji kopi itu ditanam, waktu yang tepat untuk memanen kopi, proses pascapanen, hingga saat roasting.

"Selain faktor tanah tempat menanam biji kopi, timing memetik biji kopi juga memengaruhi rasa kopi. Biji kopi yang dipanen dalam waktu tepat, telah benar-benar masak, lebih nikmat saat diolah hingga tahapan roasting," tutur Arief di sela kegiatan Melbourne Style, promosi pariwisata pemerintah negara bagian Victoria, Australia di Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Pria yang ahli mengolah biji kopi Bali dan Sumatra dengan Melbourne Style ini juga menyarankan, minuman kopi lebih nikmat jika diolah langsung dari biji kopi bukan serbuk kopi.

Kopi juga jadi lebih nikmat kalau penyimpanan biji kopi tepat. Kalau Anda membawa biji kopi dari tempat asalnya, dari kota atau negara lain, pastikan Anda mengemas biji kopi dalam wadah dengan vacuum. Jika membawanya dalam pesawat, pastikan Anda menyimpan biji kopi dalam kabin bukan bagasi.

"Kalau mau membawa pulang kopi dari suatu tempat, sebaiknya pilih biji kopi bukan bentuk serbuk. Biji kopi masih bisa didapatkan kenikmatannya hingga maksimal enam minggu. Kalau serbuk, kenikmatannya cepat hilang dalam dua hari saja," sarannya.

Editor :

wawa


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/20/19533734/Yang.Bikin.Kopi.Tetap.Nikmat

22 Juni, Uniqlo Siap Jadi "Hit" Baru

KOMPAS.com - Setelah ditunggu-tunggu kehadirannya sejak Februari lalu, akhirnya Uniqlo, toko ritel asal Jepang, benar-benar siap untuk dikunjungi. Toko Uniqlo pertama di Indonesia ini akan resmi dibuka pada Sabtu, 22 Juni 2013, pukul 10.00 di Lotte Shopping Avenue Store, Karet Kuningan, Jakarta.

Indonesia menjadi negara kelima di Asia Tenggara yang disinggahi Uniqlo, setelah hadir di Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Tercatat hingga akhir Mei 2013, total sudah ada 1.254 store Uniqlo di dunia, yang tersebar di 13 negara termasuk Jepang, China, Korea Selatan, Amerika Serikat, Hong Kong, Inggris, Perancis, Rusia, dan Taiwan.

"Indonesia termasuk negara penting di Asia, dan bangga rasanya bila bisa hadir di sini setelah hampir 29 tahun berlalu sejak store pertama dibuka di Jepang," ujar Tadashi Yanai, Chairman, Presiden dan CEO Fast Retailing Indonesia, saat pre-opening di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Tadashi dalam keterangannya menilai, jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta menjadi pasar potensial buat Uniqlo. Hal serupa disampaikan Yasuhiro Hayashi, COO Fast Retailing Indonesia. Kata dia, jika niat Uniqlo mau menjadi nomor satu di dunia, maka mesti menjadi nomor satu di Asia lebih dulu, dan itu termasuk harus menjadi perhatian di Indonesia.

"Kami sudah persiapkan pembukaan store ini selama setahun terakhir, dan saya melihat masyarakat Indonesia memiliki selera fashion yang unik," ujarnya menambahkan.

Selera fashion tersebut dilihat dari bagaimana masyarakat Indonesia kerap memadukan gaya tradisional dan modern. Dari perspektif ini, Uniqlo diperkirakan akan menjadi hit baru, karena tidak hanya menyediakan pakaian jadi tetapi juga kelengkapan lainnya.

Yasuhiro lalu memutar video yang memuat gambar-gambar sudut store Uniqlo yang sudah siap terpajang. Di antaranya pakaian kasual untuk pria, wanita, anak, dan pakaian bayi. Disebut-sebut bahwa toko yang ada di dalam kompleks pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue ini memiliki luas 2.680 meter persegi.

Ada tiga produk andalan yang ditawarkan Uniqlo, yakni Uniqlo T-shirt (UT), denim, dan pakaian dalam AIRism. Untuk promo pembukaan pertamanya, bakal ada harga khusus untuk beberapa item koleksinya, dan menyediakan tote bag gratis bagi 1.000 pengunjung pertama.

Uniqlo sendiri adalah salah satu dari tujuh merek pakaian yang dimiliki perusahaan ritel terkemuka Jepang, Fast Retailing. Selain itu, ada Comptoir des Cotonniers, GU, Helmut Lang, J Brand, Princesse tam.tam, dan Theory.

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/20/17480221/22.Juni..Uniqlo.Siap.Jadi.Hit.Baru

Kapan Waktu Tepat Memakai "Sunglasses"?

KOMPAS.com - Untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, Anda pasti menggunakan sunscreen. Ternyata, tak cuma kulit yang harus dilindungi, tetapi juga mata. Karena, sangat berbahaya bila mata terpapar langsung cahaya matahari yang terik. Satu-satunya cara untuk melindungi mata dari matahari adalah dengan menggunakan sunglasses. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi radiasi sinar matahari terserap oleh mata saat sinar matahari begitu terik.

1. Pakai pada pagi dan sore hari
Mata merupakan bagian yang sangat sensitif. Maka pantulan sinar yang sedikit terang bisa merusak mata. Pukul 08.00-10.00 dan 14.00-16.00 adalah waktu yang dianggap paling berbahaya untuk mata. Sebisa mungkin hindari mengekspos mata di bawah sinar matahari. Jika terpaksa keluar rumah, gunakan sunglasses.

2. Jangan sayang uang untuk membeli
Karena belum tahu fungsinya, banyak orang yang merasa sayang untuk membeli kacamata hitam. Padahal Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk memilikinya. Sebenarnya, bukan harga yang paling penting, tapi kandungan di dalamnya. Pilih sunglasses yang benar-benar memiliki lapisan kaca atau plastik UV protection.

3. Pilih yang punya lapisan UVA dan UVB
Lapisan UV protection ini seharusnya dipilih yang benar-benar memiliki pelindung UVA dan UVB. Kacamata yang hanya memiliki salah satu pelindung UV akan menempatkan mata pada risiko yang lebih tinggi.

4. Pilih yang benar-benar nyaman
Setiap orang punya bentuk wajah yang berbeda-beda. Sebaiknya sesuaikan bentuk kacamata dengan wajah. Namun yang paling penting adalah, kacamata ini terasa nyaman saat dipakai.

5. Jangan lupa dipakai saat berlibur di pantai atau di danau
Air bisa memantulkan 100 persen sinar matahari, dan jika tak menggunakan sunglasses, berarti mata Anda berada dalam bahaya. Selain air, pasir dan beton juga bisa memantulkan sinar matahari hingga 25 persen.

Sumber: Glamour

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/20/15520495/Kapan.Waktu.Tepat.Memakai.Sunglasses

Berani Coret-Coret Tas Birkin Anda?

KOMPAS.com - Karena harga tasnya yang sudah mahal, pasti Anda sangat takut sesuatu akan merusak tas Birkin Anda. Namun, Jett Kain, suami desainer perhiasan Inggris, Lynn Ban, ternyata tidak sayang untuk melakukan hal ini. Sebagai kado ulang tahun istrinya yang ke-41, ia menghadiahkan sebuah tas birkin berwarna putih dengan hiasan paladium di depannya.

Seperti diketahui, tas Birkin dari Hermes termasuk aksesori yang banyak diburu selebriti dan pecinta mode di dunia. Tas ini begitu legendaris karena desainnya yang klasik, dan kisah di balik pembuatannya yang unik.

Awal 1980-an, CEO Hermes Jean-Louis Dumas duduk berdekatan dengan Jane Birkin, aktris, penyanyi, sekaligus ikon fashion kelahiran Inggris yang tinggal di Perancis, di pesawat dalam perjalanan antara Paris dan London. Birkin tanpa sengaja menjatuhkan tas tangannya serta menumpahkan isinya. Birkin lalu mengeluh kesulitan menemukan tas tangan yang cocok untuknya. Dari peristiwa itulah, tahun 1984 Hermes kemudian menciptakan sebuah tas yang lantas mengambil nama sang aktris, Birkin.

Kisah tersebut membuat harga Birkin bag menjadi sangat mahal. Satu buah tas ini dibanderol dengan harga antara 8.000-150.000 dollar AS, tergantung material yang digunakan.

Kembali ke kisah Lynn Ban di atas, warna tasnya yang putih polos membuatnya bosan dan menganggapnya kurang menarik. Hal ini membuat sang suami langsung tahu bahwa tas putih ini bisa jadi kanvas. "Saya ingin melakukan sesuatu yang sedikit subversif dan menambah keindahannya dengan menambah grafitti," ungkap Kain.

Sebagai ide kreatifnya, Kain berkonsultasi dengan Maria Brito, seorang konsultan seni untuk Gwyneth Paltrow. Maria memperkenalkan Kain kepada Mikhail Sokovikoc dan Jason Wall yang merupakan sosok kreatif di balik coretan kreatif grafiti Mint&Serf. Mereka lah orang yang menggambari jalanan kota New York dengan grafitti sejak tahun '90-an.

"Saya hanya menunjukkan tas ini kepada mereka. Lalu mereka melakukan sedikit riset dan datang kembali dengan konsep Mirfkin," kata Kain.

Sokovic dan Wall menutupi semua bagian tas dengan coretan warna dan tulisan-tulisan seperti personality, breed, fit for street, game over, dan lain-lain. Tak ada arti khusus dari tulisan-tulisan ini, namun semuanya merupakan penggambaran dari kreativitas kedua anak muda penggemar grafitti tersebut.

Mereka juga mencampur berbagai warna mulai kuning, biru, merah, dan hijau di seluruh permukaan tas dari atas sampai bawah. Satu-satunya yang masih berwarna putih hanyalah tali pegangan pada tasnya.

Lalu bagaimana reaksi istri Kain setelah melihat kado tas Mirfkinnya? "Ini sangat unik dan saya benar-benar menyukainya," katanya. Ah, syukurlah....

Sumber: Daily Mail

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/20/14565362/Berani.Coret.Coret.Tas.Birkin.Anda

Seberapa Penting Kita Mengenal Diri Sendiri?

T:
Saya sering membaca dan mendengar sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa mengenal diri sendiri sangat penting agar kita juga dapat mengenal orang lain dengan baik. Di manakah letak hubungan atau pengaruh antara mengenal diri sendiri dengan mengenal orang lain? Terkadang ada orang yang saya temui mampu mengerti orang lain, tetapi dia sendiri susah untuk melihat dirinya sendiri seperti apa, misalnya bingung dengan kekuatan dan kelemahan dirinya. Kemudian, seberapa pentingkah proses pengenalan terhadap diri sendiri dan orang lain dalam kehidupan sehari-hari? Terima kasih. (Fiane, 25)

J:
Mbak Fiane yang baik hati,
Mengenal diri sendiri sangatlah penting untuk setiap diri kita. Karena, dengan mengenal diri sendiri, kita menjadi tahu akan kekurangan serta kekuatan diri kita. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk memperbaiki setiap kekurangan diri kita sekaligus mengoptimalkan kekuatan di dalam diri kita.

Setiap diri kita mempunyai kekuatan dan kelebihan. Dan memang, terkadang kita belum mengenalnya dengan baik. Banyak hal yang membuat seseorang belum mengenal dirinya dengan baik. Pertama, karena ia merasa dirinya seorang yang sempurna dan serba bisa. Orang yang seperti ini, sulit menerima masukan dari orang lain. Merasa serba tahu, padahal sebenarnya banyak hal yang belum ia ketahui dengan baik, khususnya tentang kekurangan dan kekuatan dirinya sendiri.

Kedua, karena ia tidak tahu bahwa sebenarnya mengenal diri sendiri adalah awal dari kekuatan setiap diri kita untuk melangkah. Anda pernah mengenal kata pepatah yang mengatakan 'tak kenal maka tak sayang?' Orang-orang yang tidak mengenal dirinya sendiri dengan baik, sangat sulit mengenali kekurangan dan kekuatannya. Orang-orang yang seperti ini, jika menghadapi kesulitan, cenderung menyalahkan kondisi ataupun orang lain, daripada dirinya sendiri.

Nah, jika Anda pernah menemui orang yang bisa mengenal orang lain daripada dirinya sendiri, orang yang seperti ini adalah tipe orang merasa dirinya serba tahu, padahal sebenarnya banyak hal yang belum ia ketahui dengan baik, khususnya dirinya sendiri.

Hanya saja jika Mbak Fiane berkenan, daripada kita membicarakan orang lain, lebih baik kita membicarakan diri sendiri, bukan? Caranya? Ya dengan menjawab pertanyaan saya berikut ini:
1. Sebenarnya, sudahkah kita mengenal diri kita sendiri?
2. Sebenarnya, apa kekuatan dan kekurangan diri kita selama ini?

Mungkin Anda bertanya di dalam hati, "Mbak Ainy ini bagaimana, sih? Ditanya kok balik bertanya?" He he he... pertanyaan di atas sangatlah penting untuk menjawab pertanyaan Anda tentang "seberapa pentingkah proses pengenalan terhadap diri sendiri dan orang lain dalam kehidupan sehari-hari?"

Mbak Fiane, mengenal diri sendiri dan orang lain dalam kehidupan sehari-hari ini sangatlah penting. Karena, dengan mengenal diri sendiri, kita menjadi lebih mudah dalam membangun komunikasi dengan orang lain. Kepedulian kita terbangunkan, begitu juga rasa tanggung-jawab diri kita.

Dengan mengerti orang lain, kita menjadi peduli akan perasaan orang lain, jauh dari rasa egois, prasangka, dan putus asa. Bukankah sebuah kebahagiaan itu diawali dengan mengenal diri kita sendiri sekaligus berusaha mengerti orang lain? Selamat menjadi Fiane yang luar biasa dan berhati mulia!

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Coach & Motivator
Penulis Buku Best Seller 'Dahsyatnya Kemauan'
www.ainyfauziyah.com
www.ainymotivationclass.com         

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/20/13593760/Seberapa.Penting.Kita.Mengenal.Diri.Sendiri

Tuesday, June 18, 2013

Kenali Penyebab Bibir Menghitam

KOMPAS.com - Setiap perempuan pasti ingin memiliki bibir yang sehat dan merona. Sayang, tak semua perempuan memilikinya. Bahkan justru beberapa di antara Anda memiliki bibir yang sedikit gelap dan terlihat tak sehat. Sekalipun ditutupi dengan lipstik, namun hasilnya tidak akan maksimal karena kosmetik hanya bisa menutupi bagian permukaannya saja.

Berita buruknya, bibir yang menghitam umumnya disebabkan gaya hidup yang kurang baik. Ini contohnya:

1. Merokok

Ini pasti merupakan kebiasaan yang efeknya sudah Anda ketahui. Selain mengganggu kesehatan, nikotin dalam rokok ternyata juga menyebabkan perubahan warna bibir.

2. Kafein
Selama ini kafein diketahui bisa mengubah warna gigi menjadi kekuningan. Namun tanpa disadari, kafein juga memiliki efek samping mengubah warna bibir jadi lebih gelap. Perubahan warna bibir ini tergantung dari jumlah kafein yang dikonsumsi. Namun perubahan warna ini bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi air putih, ketimbang teh atau kopi.

3. Paparan matahari
Paparan sinar matahari ke wajah juga akan memengaruhi warna bibir Anda. Sinar UV akan meningkatkan produksi melanin di bibir, dan menyebabkan warna bibir jadi lebih hitam. Cegah perubahan warna ini dengan menggunakan lipbalm atau lipstik yang mengandung UV protection.

4. Kosmetik bibir
Anda harus berhati-hati ketika mengoleskan berbagai produk kecantikan, seperti lipstik atau lipgloss di bibir. Produk kecantikan berkualitas rendah dan kedaluarsa akan memengaruhi warna bibir.

5. Dehidrasi
Kurangnya konsumsi cairan akan membuat tubuh jadi dehidrasi. Kurang cairan juga rentan membuat bibir jadi lebih kering dan menghitam dari waktu ke waktu. Pastikan Anda mengonsumsi 2-3 liter air putih sehari untuk mencegah dehidrasi.

6. Menjilat bibir
Pernah menghitung berapa kali Anda menjilat bibir Anda? Mungkin Anda beranggapan bahwa menjilat bibir bisa membuat bibir jadi lebih lembab. Padahal para ahli mengungkapkan bahwa menjilat bibir justru akan membuat bibir jadi hitam dan pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena air liur (saliva) akan membuat bibir lebih cepat mengering.

7. Diet
Ketika diet secara otomatis Anda akan mengurangi asupan beberapa makanan. Saat mengurangi beberapa jenis makanan itulah, ada kemungkinan Anda juga mengurangi vitamin tertentu yang sangat dibutuhkan tubuh. Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah pigmentasi adalah vitamin C. Kekurangan vitamin C akan membuat bibir mengalami pigmentasi. Pastikan Anda melakukan program diet dengan menyantap makanan yang sehat dan seimbang. Konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau bisa membantu mengembalikan warna natural bibir.

8. Alergi
Bibir yang menghitam bisa disebabkan karena alergi kosmetik. Lipstik atau lipgloss mengandung bahan kimia dan parfum yang bisa menyebabkan iritasi. Pastikan untuk melakukan uji coba sebelum membeli kosmetik.

Sumber: Boldsky

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/19/07514284/Kenali.Penyebab.Bibir.Menghitam

4 Solusi Mengurangi Makanan Manis

KOMPAS.com - Sulit rasanya bagi kita untuk tidak mengonsumsi makanan manis. Selalu saja ada keinginan untuk menyantapnya, padahal setelah itu muncul rasa bersalah. Lantas, bagaimana cara mengatasi keinginan itu?
 
Jangan lewatkan makan
Menjaga stabilitas kadar gula darah merupakan langkah pertama untuk mengalahkan keinginan menyantap makanan manis. Jangan biarkan gula darah Anda turun drastis, karena itu akan membuat Anda makin mendambakan makanan atau minuman manis guna mengobati keinginan tersebut.
 
Solusinya: Buat menu makanan lengkap yang menggabungkan 40 persen karbohidrat (seperti sayuran hijau, salad), 30 persen protein (ayam, telur, ikan), dan 30 persen lemak (minyak zaitun, kacang-kacangan, selai kacang). Jika Anda makan makanan apa pun tapi tidak memasukkan karbohidrat di dalamnya, hal ini justru meningkatkan kadar gula darah. Penggabungan protein dan lemak yang baik akan mempertahankan gula darah dan mencegah keinginan Anda untuk mengonsumsi kudapan manis-manis secara berlebihan.
 
Tak perlu menghindari karbohidrat
Seperti telah disebut tadi, mengurangi asupan karbohidrat malah membuat Anda ingin mengonsumsi makanan manis. Karena asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh rendah, otak jadi terangsang untuk mencari makanan manis yang ada di dalam karbohidrat. Ingat, ada karbohidrat baik dan ada karbohidrat buruk. Karbohidrat yang baik termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Sedangkan karbohidrat buruk mencakup semua makanan yang diproses melalui pengawetan, yang dijual di supermarket sekitar Anda.

Solusinya: Nikmati makanan yang terdiri atas ubi, biji-bijian, sayuran, salad, atau sayuran hijau lainnya. Tambahkan sayuran berwarna-warni untuk setiap kali makan dengan tambahan lemak sehat dari kacang-kacangan, minyak zaitun, dan kacang macadamia. Sumber protein yang berkualitas baik mendukung otot untuk berproduksi dan membakar kalori secara baik. Protein juga memperlambat pelepasan karbohidrat ke dalam aliran darah, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.
 
Hindari memulai hari dengan makanan manis
Yang satu ini cukup sederhana, gula membuat Anda menginginkan lebih banyak makanan manis. Selain itu juga merangsang nafsu makan Anda sehingga semakin banyak Anda makan gula, semakin Anda akan menginginkannya.

Solusinya: Cari pengganti yang sehat untuk meredakan keinginan terhadap makanan manis. Coba campur yogurt, gandum, dan kismis, untuk menghasilkan makanan cepat saji. Atau kunyah apel yang diolesi selai kacang. Hindari menggunakan gula pasir ketika membuat pai atau cake, taburi gula yang terbuat dari bubuk kurma kering, yang dapat ditemukan di toko makanan sehat atau organik.
 
Jangan mengatasi stres dengan makan makanan manis
Perasaan stres kita alami setiap hari dan tidak dapat dihindari. Orang biasanya lalu mencoba mengatasi stres dengan menikmati makanan manis. Namun, mengonsumsi cake, donat, frappuchino, atau makanan dan minuman manis lainnya, hanya akan memperburuk keadaan. Tubuh Anda bisa ngilu, pencernaan terganggu, dan berat badan merambat naik.

Solusinya: Temukan cara lain untuk mengatasi stres, seperti mengikuti kelas yoga atau belajar bermeditasi. Atau berjalan-jalan, mendengarkan musik, nonton film, mengambil cuti, atau apa pun yang membuat Anda senang.

Sumber: Fitday

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/18/19464583/4.Solusi.Mengurangi.Makanan.Manis

3 Bahan Makanan yang Bikin Ramping

KOMPAS.com - Ukuran pinggang yang ideal, perut yang rata, badan yang ramping menjadi impian perempuan yang memerhatikan penampilan fisiknya. Untuk mewujudkan impian ini, bukan pembatasan asupan kalori saja jawabnya. Pilihan bahan makanan juga turut menentukan. Jadi, kalau mau langsing pastikan tiga bahan makanan ini ada dalam santapan harian Anda.

1. Gandum.
Riset terbaru yang tercatat di Jurnal Nutrisi menyebutkan gandum membantu mengurangi lemak di tubuh terutama di perut. Riset ini menunjukkan, orang dewasa yang mengonsumsi tiga sajian gandum per hari, lemak tubuhnya 2,4 persen lebih rendah dan lemak perut 3,6 persen lebih rendah ketimbang mereka yang hanya mengondumsi kurang dari seperempat sajian.

Para peneliti menemukan serat pada gandum lebih mengenyangkan dibandingkan serat dari buah dan sayuran. Anda bisa mulai rutin mengonsumsi gandum berupa satu cangkir sereal gandum murni (setara dengan satu sajian gandum) atau sepotong roti gandum.

2.  Cuka.
Sebuah studi di Jepang menunjukkan orang dewasa penderita obesitas yang menambahkan dua sendok makan cuka per hari dalam menu diet harian mengalami penurunan berat badan. Berat badan mereka turun sekitar 1,8 kg, lemak perut lima persen berkurang dan lemak tubuh berkurang 3,5 persen. Para peneliti menduga asam asetat meningkatkan enzim yang mengoksidasi lemak, sehingga lebih sedikit lemak yang terakumulasi di tubuh.

3. Kacang-kacangan.
Para peneliti sebuah studi di Harvard mengamati kebiasaan makan lebih dari 50.000 perempuan selama delapan tahun. Hasilnya, mereka yang rutin makan kacang-kacangan setidaknya dua kali berat badannya tak mengalami kenaikan berlebihan dibandingkan perempuan yang tak punya kebiasaan ini. Meski kacang mengandung kalori dan lemak tinggi, para peneliti menemukan kacang mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang membuat pengonsumsinya cepat kenyang. Jadi, masukkan kacang dalam menu harian Anda, setidaknya satu ons kacang per hari termasuk selai kacang dua sendok makan.

Sumber: eatingwell

Editor :

wawa


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/18/17571545/3.Bahan.Makanan.yang.Bikin.Ramping

Air Bertembaga Memicu "Bad Hair Day"

KOMPAS.com - Hampir setiap orang pernah mengalami bad hair day. Bad hair day sebenarnya merupakan kondisi di mana rambut terasa lepek karena peningkatan minyak di kepala. Banyak orang berpikir bahwa kondisi ini bisa diatasi dengan mencuci rambut sesegera mungkin, atau menata (styling) rambut.

Sebuah studi dari Procter & Gamble (P&G) mengungkapkan, kebanyakan perempuan mengalami peningkatan kelenjar minyak, dan rambut kusam tiap tiga kali seminggu. Namun penelitian ini juga mengungkapkan bahwa bad hair day tidak mempan diatasi dengan cara mencuci rambut. Karena, masalahnya sebenarnya pada air yang digunakan.

Ya, peningkatan kadar minyak di kepala dan rambut terjadi karena kandungan tembaga dalam air yang Anda gunakan untuk keramas. Pada dasarnya air memang mengandung logam, namun dalam kadar yang rendah. Kadar logam semakin meningkat karena penggunaan pipa logam di tangki air panas.

"Kandungannya dalam air memang tidak terlalu tinggi, namun tetap saja berperan dalam perusakan rambut. Tembaga ini meningkat karena penggunaan pipa logam dan keran air. Dan rambut bertindak seperti spons yang akan menyerapnya dari waktu ke waktu," kata Dr Jennifer Marsh, peneliti dari P&G yang juga memimpin studi ini.

Residu logam yang menempel di rambut akan mempercepat perusakan rambut. Pada akhirnya, hal ini akan menyebabkan rambut jadi kusut dan bercabang. Logam akan menyebabkan kutikula kering, sehingga mudah rusak dan tak bercahaya.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa rambut dari 450 perempuan di seluruh dunia. Dari analisa tersebut ditemukan adanya kandungan tembaga pada rambut dalam berbagai tingkat. Sebagian besar responden memiliki 20-200 atom tembaga per juta molekul rambut mereka. Namun beberapa responden memiliki lebih dari 500 atom per juta molekul rambutnya.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa, kerusakan rambut akibat tembaga ini sama seperti kerusakan akibat pengecatan rambut yang salah, dan kerusakan akibat paparan sinar matahari atau UV. "Namun kerusakan akibat air bertembaga ini bisa lebih parah dan terjadi dalam waktu yang lebih cepat dibanding kerusakan akibat UV," tambahnya.

Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Cosmetic Science ini lantas mengungkapkan, untuk menetralisasi kandungan tembaga pada rambut Anda harus menggunakan sampo dan pewarna rambut yang mengandung chelants.

Sumber: Daily Mail

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/18/13440747/Air.Bertembaga.Memicu.Bad.Hair.Day

Monday, June 17, 2013

Kate Middleton Pakai Baju Hamil Rp 200.000-an

KOMPAS.com - Untuk tampil menarik memang tidak harus mengenakan busana bermerek dan aksesori berlebihan. Kate Middleton, misalnya, selalu memilih baju hamil yang sederhana tapi cerdas dalam memadupadankannya. Beberapa pilihannya bisa menjadi role model untuk para ibu hamil yang ingin tetap stylish meski dengan perut besar.

Sebagai istri dari Pangeran William, Kate sebenarnya bisa saja membeli baju hamil rancangan desainer favoritnya, seperti Jenny Packham, Emilia Wickstead, atau Alice Temperley. Namun, justru sebaliknya, dia seperti membuktikan bahwa baju bermerek bukan kunci utamanya, tapi bagaimana mengenakannya.

Pada fotonya kali ini, terlihat sebenarnya pilihan busana The Duchess of Cambridge biasa saja. Ia memakai gaun selutut untuk ibu hamil berwarna biru navy yang ia beli dari situs fashion ASOS.com. Sebagai padu padan ia kenakan kardigan warna ungu dan sepatu wedges dari Pied a Terre favoritnya.

Gaun biru bertali yang ia pakai tersebut ternyata hanya seharga 17,50 poundsterling, atau Rp 273.000. Itu merupakan harga diskon dari harga normalnya yang Rp 390.000. Namun gaun tersebut tampak menutupi tubuh Kate dengan baik. Bagian atas perutnya elastis dan membuat kesan jatuh yang ringan. Gaun ini tersedia dalam ukuran 6 sampai 18, dan dalam tiga warna berbeda. Desain busana disesuaikan untuk ibu hamil yang perutnya membesar.

Dress tersebut hanya satu model dari pilihan Kate yang mencuri perhatian. Sebelumnya, ia juga mengenakan gaya yang serupa tapi dengan motif polkadot dari Topshop, yang tak kalah menariknya. Yang menjadi perhatian adalah bagaimana desain busana pilihan Kate itu disesuaikan lekuk bentuk tubuh yang makin membesar, namun tetap terlihat chic.

Kate terkenal karena kebiasaannya memadupadankan busana yang menggabungkan adi busana dan gaya jalanan dalam pilihan gayanya. Kemampuan padu padan antara atasan dan bawahan yang baik membuatnya cepat jadi role model. Ketika hamil, ia pun tetap menjadi acuan berbusana. Jika diperhatikan, busana yang dipakai Kate ini memang patut jadi pilihan.

Sumber: The Daily Mail

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/18/12585737/Kate.Middleton.Pakai.Baju.Hamil.Rp.200.000.an

6 Manfaat Vodka yang "Wow"!

KOMPAS.com - Vodka ternyata tidak hanya dapat dinikmati sebagai minuman, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk hal-hal lainnya. Hal ini berkat kandungan alkoholnya yang mencapai 40 persen, yang ternyata bisa digunakan untuk membersihkan rumah, misalnya. Keuntungannya, tidak meninggalkan bau yang menyengat. Manfaat apa lagi yang bisa dilakukan dengan minuman vodka?

1. Sebagai penyegar ruangan. Ethyl alcohol (ethanol), kandungan di dalam vodka, merupakan salah satu bahan utama untuk penyegar ruangan atau air freshener. Tugasnya akan membuat udara lebih segar dan mengusir bau yang disebabkan bakteri. Jika kebanyakan semprotan ruangan mengandung bahan kimia yang bisa menyerang tubuh dan melemahkan hormon, vodka tidak demikian. Ia tidak menimbulkan bau saat kering dan langsung menyebar ke udara. Agar ruangan menjadi wangi, tambahkan saja beberapa tetes minyak esensial yang Anda miliki.

2. Memperpanjang durasi hidup bunga di dalam vas. Kebanyakan bunga yang layu di vas adalah karena bakteri yang ada di air menghalangi mekanisme agar tanaman bisa menyerap air. Menambahkan vodka ke dalam air yang ada di vas, akan menghancurkan bakteri tanpa merusak tanaman. Bahkan, vodka bisa menguatkan wangi bunganya.

3. Membersihkan kaca agar lebih kinclong. Semprotkan cairan vodka pada kain yang lembab, lalu usapkan pada kaca yang akan dibersihkan. Kandungan alkohol pada vodka efektif mengangkat minyak atau kotoran di kaca, chrome, atau permukaan mengilat lainnya. Hasilnya, kaca kelihatan lebih bersinar.

4. Membuat ekstrak vanila. Saat memanggang kue, biasanya Anda membutuhkan ekstrak vanila. Anda bisa membuat ekstrak vanila sendiri dengan merendam biji vanilla ke dalam cairan berisi vodka. Masukkan tiga biji vanila yang sudah dipotong-potong ke dalam wadah kedap udara yang sudah diisi secangkir vodka. Diamkan selama kurang lebih empat minggu. Banyak yang bilang, ekstrak vanila yang bagus seharusnya direndam sampai enam bulan. Namun hal ini sebenarnya tergantung selera masing-masing.

5. Mengatasi nyeri otot. Masukkan cairan vodka ke dalam kantong plastik, lalu simpan ke dalam freezer. Kantung plastik berisi vodka ini bisa digunakan untuk mengobati nyeri otot atau luka. Sifat vodka yang tidak membeku akan membuat kantung plastik terasa lebih lembut di tubuh, berbeda jika Anda menggunakan kantung berisi es baru yang biasa Anda gunakan untuk mengompres memar di tubuh.

6. Nikmati sebagai cocktail. Setelah digunakan untuk membersihkan rumah dan mengatasi nyeri otot, mari buat vodka jadi cocktail. Ingat, batasi konsumsinya satu atau maksimal empat gelas vodka saja untuk satu minggu, demikian saran New England Journal of Medicine. Seperti wine, vodka juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung bila dikonsumsi dalam porsi tidak berlebihan. Vodka memiliki efek antiperadangan dalam tubuh, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Sumber: Prevention

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/18/08423390/6.Manfaat.Vodka.yang.Wow

Cara Memilih Krim Anti Stretchmarks

KOMPAS.com - Kehamilan menjadikan kulit seputar perut mengalami peregangan, kerusakan, dan meninggalkan stretchmark. Untuk mencegah kerusakan yang parah, ibu dapat memanfaatkan krim khusus yang bekerja melembabkan kulit. Bagaimana cara memilihnya?

1. Lakukan uji coba. Oleskan sedikit pada permukaan kulit. Bila keesokan hari terjadi gatal dan bentol kemerahan, pertanda kulit ibu sensitif terhadap bahan kimia tertentu dalam produk itu. Hindari pemakaian lebih lanjut, coba produk lain.

2. Perhatikan bahan-bahannya. Gunakan bahan yang aman bagi kehamilan. Meskipun katanya aman digunakan sepanjang kehamilan, cermati keterangan pada kemasan dan pastikan kandungannya aman.

3. Konsultasikan ke ahli.
Kalau masih ragu sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit mengenai pemakain krim sepanjang kehamilan. Dokter kulit bisa memberikan arahan lebih tepat mengenai produk yang sesuai kebutuhan dan jenis kulit ibu hamil.

(Tabloid Nakita/Utami Sri Rahayu)

Editor :

wawa


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/18/07530797/Cara.Memilih.Krim.Anti.Stretchmarks

7 Fase Paling Menyulitkan dalam Perkawinan

KOMPAS.com - Banyak orang yang mengatakan segala permasalahan dalam hidup berpasangan akan terselesaikan setelah menikah. Ternyata itu semua tidak selamanya benar, justru ada beberapa permasalahan yang baru akan dihadapi setelah Anda memasuki perkawinan. Mau nggak mau, Anda harus menghadapinya.

Uang. Bagian yang paling sulit dari pernikahan adalah belajar menyatukan penghasilan di rekening bersama. Nah, Anda harus berkomunikasi satu sama lain dalam pemakaian uang tersebut agar tidak menimbulkan pertengkaran. Bila sebelum menikah Anda bebas menggunakan uang Anda untuk berbelanja, kini Anda harus memberitahu suami jika ingin membelanjakannya. Hal ini akan menjadi masa penyesuaian yang cukup sulit.

Kebebasan. Menikah adalah suatu keputusan besar, karena Anda harus merelakan diri untuk berbagi kehidupan dengan seseorang untuk selamanya. Akan ada masa di mana Anda merasa "terganggu" dengan keberadaan pasangan sepanjang waktu. Bagi mereka yang baru menikah, menukar kebebasan yang dimiliki saat masih lajang dengan ikatan perkawinan akan menjadi proses yang sangat berat untuk dijalani.

Hiburan. Menemani pasangan menikmati hiburan yang disukainya akan membutuhkan pengorbanan, terutama jika Anda tidak menggemari hiburan tersebut. Anda harus belajar mengalah pada pasangan. Misalnya, saat Anda berdua menonton acara televisi, mungkin Anda ingin sekali mengikuti kelanjutan kisah film seri favorit Anda. Namun pada saat yang sama ada pertandingan bola dari laga yang sudah ditunggu-tunggu oleh suami. Nah, di sini memang diperlukan sikap toleransi untuk mengerti satu sama lain. Agar suami tidak ketinggalan pertandingan penting tersebut, Anda bisa menunggu tayangan ulang dari episode serial kegemaran Anda.

Persaingan karier. Sebagian besar pertengkaran dalam sebuah pernikahan disebabkan adanya kesenjangan karier antara Anda berdua. Misalkan, suami hanya berstatus karyawan biasa, sedangkan Anda memiliki kedudukan tinggi di kantor Anda. Awalnya, suami mungkin tidak akan mempermasalahkannya. Namun lama-kelamaan, ego pria bisa terusik melihat pasangannya terus berprestasi dan gajinya semakin tinggi.

Barang-barang pribadi. Tahun pertama dalam pernikahan, Anda selalu diliputi pertengkaran karena pengaturan barang-barang pribadi. Anda mengharapkan suami memiliki standar yang sama dengan Anda. Misalnya, selalu merapikan lemari pakaian, meja kerja, atau menggunakan sabun mandi atau pasta gigi dengan cara Anda. Buat Anda hal ini sangat penting, sementara buat dia sama sekali tidak penting. Itulah yang akan memicu pertengkaran.

Pekerjaan rumah tangga. Tidak semua pria terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga, dan hal ini kadang-kadang merupakan kultur yang dibawa dari keluarganya. Contoh, pria yang dibesarkan oleh ibu yang berstatus ibu rumah tangga, atau yang datang dari keluarga dengan kultur pembagian jender yang kuat (anak laki-laki harus ke ladang, dan anak perempuan membantu di dapur), akan menuntut dilayani. Permintaan Anda agar dia ikut melakukan pekerjaan rumah tangga akan membuatnya canggung, atau bahkan tersinggung. Boleh saja Anda menuntutnya untuk berubah, tapi jangan berharap bisa berubah drastis.

Mertua. Hubungan dengan mertua bisa menjadi sulit, dan hal itu bukan disebabkan karena Anda memiliki masalah dengan mereka. Ini dapat dikarenakan, orangtua pasangan Anda bukanlah orangtua kandung yang mengenal Anda dengan baik, begitu pula sebaliknya. Maka, saat mereka ingin menghabiskan waktu bersama anaknya, akan ada kecemburuan yang terjadi. Atau, kecurigaan bahwa mertua ingin menyampaikan hal-hal buruk tentang Anda. Yang dapat Anda lakukan adalah memberi waktu agar Anda dan mertua saling mengenal lebih baik.

Sumber: Babble

Editor :

Dini


http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/17/19550774/7.Fase.Paling.Menyulitkan.dalam.Perkawinan

Jangan Berlebihan Menanggapi Kesalahan Anak

Tak usah berlebihan menanggapi kesalahan anak, apalagi melibatkan emosi.
http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/17/18593210/Jangan.Berlebihan.Menanggapi.Kesalahan.Anak

Apakah Orangtua Enggan Beri Pendidikan pada Anak?

KOMPAS.com – Orangtua ternyata masih menganggap tabu berbincang mengenai seks dengan anak. Dan ini bukan hanya terjadi pada orangtua di Indonesia, lho. Sekitar 68 persen orangtua di Amerika Serikat mengaku tidak pernah menyinggung masalah seks dengan anak-anak mereka, karena malu atau risih melakukannya.
Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh situs diskon CouponCodes4u.com kepada 2.305 orang tua, setidaknya lebih dari 12,47 persen orangtua merasa bahwa sekolah lah yang harus bertanggung jawab penuh untuk memberikan pendidikan seks pada anak. Rasa malu menjadi alasan 44 persen orangtua sehingga tidak membahas seks dengan anak, 27 persen mengaku menghindari topik tersebut karena keyakinan agama, dan 11 persen mengatakan tidak percaya pendidikan seks.
Hampir separuh dari orangtua percaya, yang harus memberikan anak pendidikan seks adalah guru di sekolah. Tetapi, lebih dari seperlima orangtua juga berpikir bahwa anak-anak harus belajar tentang hal itu dari teman-teman mereka. Sedangkan 15 persen lainnya berpikir anggota keluarga seperti saudara dapat menjadi sumber pengetahuan anak tentang seks. Lalu lebih dari 11 persen beranggapan internet dan televisi merupakan wadah yang tepat bagi anak untuk mengenal seks.
Mark Pearson, ketua CouponCodes4u, menyimpulkan, "Salah satu percakapan yang paling sulit sebagai orangtua yaitu, berbincang mengenai seks dengan anak-anak mereka." Meskipun 62 persen orangtua setuju bahwa pendidikan seks itu penting, tetapi hanya 18 persen dari mereka yang berani berbincang mengenai seks dengan anak, itupun ketika mereka sudah tumbuh dewasa.
"Menariknya, banyak orangtua merasa terlalu malu untuk berbicara tentang seks, dan memilih untuk membiarkan pihak ketiga yang mengajari anak mereka tentang pendidikan seks. Entah itu teman-teman, saudara, atau guru sekolah anak untuk mendiskusikannya," jelas Pearson.
Hampir 49 persen orangtua berpikir untuk mengenalkan pendidikan seks pada anak pada usia 10 - 15 tahun. Namun, mereka tidak mempraktekkannya ketika anak memasuki usia tersebut.
Sementara itu, orangtua yang memilih untuk mengenalkan sendiri pendidikan seks pada anak mereka, 37 persennya melakukan agar anak mereka tidak mendapatkan informasi yang salah dari orang lain. Sebanyak 29 persen orangtua berharap hal itu akan membuat hubungan mereka lebih terbuka dan jujur.
Lalu, 26 persen lainnya mengatakan mereka menyinggung pendidikan seks agar bisa "mempersiapkan" anak-anak saat menghadapi dunia luar.
Sumber: Dailymail
Editor :
Dini

http://female.kompas.com/read/xml/2013/06/17/17553894/Orangtua.Enggan.Beri.Pendidikan.Seks.pada.Anak