Saturday, January 10, 2009

Beranda » Tips Mengobati Ambeien Alias Wasir

Tips Mengobati Ambeien Alias Wasir

Tips Mengobati Ambeien Alias Wasir - Wasir adalah pembengkakan pada dinding rektum yang terletak diatas dalam anus, wasir terjadi karena ada perenggangan pada anus yang terjadi berulang ulang pada saat buang air besar, bagaimanakah cara mengobati wasir atau ambeien cobalah anda kunjungi CV Indo Herbal simak tips berikut ini:

Pengobatan Wasir atau Ambeien

Biasanya wasir atau ambeien tidak memerlukan pengobatan khusus, kecuali jika sampai menyebabkan infeksi. Obat pelunak tinja atau psilium bisa mengurangi sembelit dan peregangan yang menyertainya.

Juga suntikan skleroterapi bisa diberikan pada penderita wasir yang mengalami pendarahan. Suntikan ini bisa mengganti vena yang luka dengan jaringan parut.

Wasir yang parah dan tidak bereaksi terhadap suntikan skleroterapi diikat dengan pita karet. Cara ini disebut dengan ligasi pita karet. Tindakan pengikatan ini bisa membuat wasir menjadi layu dan terputus tanpa rasa sakit. Cara ligasi pita karet ini dilakukan selama dua minggu atau lebih. Kadang perlu dilakukan sampai 3 - 6 kali pengobatan.

Wasir juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser, sinar infra merah (fotokoagulasi infra merah) atau dengan arus listrik (elektrokoagulasi). Kalau berbagai langkah di atas masih gagal juga, biasanya sebagai tindakan terakhir bisa dilakukan pembedahan.

Bila wasir atau ambeien disertai dengan bekuan darah yang mnyebabkan nyeri, maka bisa diobati dengan cara:
  • Duduk berendam dalam air hangat
  • Mengoleskan salep obat bius lokal
  • Pengompresan dengan kemiri
Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang setelah beberapa saat. Sementara bekuan darah akan menghilang setelah 4 - 6 minggu. Pilihan lainnya adalah dengan memotong vena dan mengeluarkan bekuan darah sehingga bisa mengurangi nyeri. (sumber)