Saturday, January 10, 2009

Beranda » Tips Mendapat Nutrisi Sehat Setiap Hari

Tips Mendapat Nutrisi Sehat Setiap Hari

Tips Mendapat Nutrisi Sehat Setiap Hari - Tak bisa dipungkiri, banyak hal yang kita lakukan dalam hidup ini tanpa kita sempat memikirkannya. Semua hal itu dilakukan secara otomatis dan mengalir begitu saja, sehingga menjadi rutinitas dan kebiasaan. Aktivitas makan dan minum sehari-hari misalnya, harus dilakukan secara kontinyu karena kita membutuhkan nutrisi untuk tubuh.

Tetapi sayangnya, kita sering serikali tak manaruh perhatian besar pada aktivitas yang satu ini. Yang sering terjadi, makan atau minum justru hanya menjadi sebuah formalitas saja. Alhasil, kebiasaan buruk pun muncul sehingga mempengaruhi kualitas asupan nutrisi. Padahal, makan atau minum jelas sangat penting artinya untuk pertumbuhan, menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran.

Walaupun Anda tak dapat mengubah kebiasaan buruk tersebut sekaligus, ada baiknya Anda mulai melakukan hal-hal kecil yang tentunya akan bermanfaat untuk kesehatan Anda. Berikut adalah tips dari para ahli nutrisi Johns Hopkins University yang patut dibiasakan dalam hidup Anda. Penting untuk melakukannya jika Anda ingin mendapatkan nutrisi sehat setiap hari.

1. Jangan menunda makan; rencanakan makan secara rutin tiga kali sehari
2. Biasakan membaca label makanan. Dengan bagitu, Anda akan mengetahui dan mewaspadai makanan yang masuk dalam tubuh Anda.
3. Rencanakan untuk membawa makanan ringan yang sehat ke tampat kerja.
4. Di antara makan siang dan makan malam, biasakan menyantap lima porsi buah dan sayuran.
5. Hentikan kebiasaan Anda menambah garam pada makanan.
6. Jangan makan apapun setelah pukul 8 malam
7. Cobalah menyantap jenis makanan baru setiap minggu. Ini membantu Anda mengenali ragam makanan
8. Kurangi makan daging untuk menurunkan lemak dan kolesterol
9. Pastikan roti, sereal, pasta, dan crackers Anda terbuat dari gandum
10. Pilihlah satu dari daftar tips ini dan kombinasikan dengan kebiasaan sehat Anda. Tulis, dan praktikan dalam 30 hari.
11. Jangan mencoba untuk mengubah lebih dari satu kebiasaan pada saat yang sama. (sumber)