Sunday, January 11, 2009

Beranda » Tips Cegah Kelebihan Berat Badan Selama Hamil

Tips Cegah Kelebihan Berat Badan Selama Hamil

Tips Cegah Kelebihan Berat Badan Selama Hamil - Banyak perempuan yang mengeluhkan kelebihan berat badannya selama masa kehamilan. Namun, sebagian perempuan juga tidak mengetahui bagaimana caranya agar bisa mengatasi hal tersebut. Oleh sebab itu, simaklah beberapa tips berikut ini!

1. Jangan pernah lewatkan sarapan
Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi saat sarapan. Menghindari sarapan akan menimbulkan keinginan untuk makan lebih banyak pada waktu makan berikutnya tiba. Selain itu, melewatkan sarapan juga menyebabkan keluhan berupa kepala pening, mual, dan lain-lain.

2. Susun rencana atau daftar makanan Anda
Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar Anda tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan dan mengatur asupan kalori harian Anda.

3. Pilih makanan yang berserat serta rendah kandungan lemak dan gula
Karena konsumsi gula yang berlebihan cenderung menimbulkan perasaan mudah lapar. Sediakan berbagai buah atau sayuran untuk dijadikan sebagai makanan selingan.

4. Usahakan untuk mengolah makanan
Bisa dengan cara dibakar, dipanggang, atau dikukus. Termasuk pada saat Anda harus mengunjungi rumah makan, jangan ragu untuk menanyakan proses yang digunakan untuk memasak makanan yang Anda pesan.

5. Sediakan buah sebagai cemilan saat sedang nonton film
Selain bisa mengurangi kemungkinan konsumsi cemilan yang tinggi lemak dan gula, hal tersebut juga membantu Anda mengurangi jumlah pengeluaran.

6. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari
Seringkali dehidrasi disalah artikan dan dianggap sebagai rasa lapar. Indikasinya, bila Anda sudah memenuhi kebutuhan harian Anda tapi masih merasa lapar, berarti yang Anda butuhkan yaitu air minum yang lebih banyak.

7. Jangan dengarkan orang yang meminta anda untuk banyak makan
Masih banyak yang menganggap bahwa seseorang yang sedang hamil harus banyak makan. Sebenarnya, pandangan itu tidak benar. Jangan ragu untuk mengatakan tidak, saat Anda diminta untuk menghabiskan makanan dalam jumlah yang banyak. Katakan secara halus bahwa Anda sudah kenyang. (sumber)