Monday, January 12, 2009

Beranda » Tips Agar Jantung Tetap Sehat

Tips Agar Jantung Tetap Sehat

Tips Agar Jantung Tetap Sehat - Statistik memperlihatkan bahwa kita, khususnya wanita, perlu memberi perhatian yang lebih besar terhadap kesehatan jantung. Penyakit kardiovaskuler termasuk pembunuh terbesar. Untuk menghindari penyakit yang mematikan ini, seorang pakar menyumbangkan beberapa tips berharga berikut:

Hentikan kebiasaan merokok
Kalau anda kebetulan merokok, cobalah menghentikannya sekarang juga. Rokok termasuk salah satu penyebab penyakit jantung, namun juga merupakan salah satu kebiasaan yang paling mudah diatasi. Makin banyak merokok, makin tinggi risiko penyakit jantung.

Perhatikan selalu kadar kolesterol anda
Salah satu penyebab penyumbatan arteri adalah terlalu banyaknya jumlah kolesterol dalam darah. Arteri yang tersumbat dapat mengakibatkan serangan jantung atau stroke.

Perhatikan selalu tekanan darah anda
Tekanan darah adalah tingkat tekanan jantung untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Makin tinggi tekanan darah, makin tinggi risiko stroke dan serangan jantung.

Jangan lupa berolahraga
Tubuh yang tidak aktif juga merupakan penyebab penyakit jantung. Gerakan fisik, misalnya jalan selama 30 menit per hari, jauh lebih baik daripada sama sekali tidak berbuat apa-apa.

Perhatikan berat tubuh anda
Karena lemak tubuh yang berlebihan, orang gemuk mempunyai kemungkinan yang lebih tinggi menderita tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi.

Selalu konsumsi makanan yang sehat
Makanan merupakan bahan bakar untuk jantung dan seluruh jaringan tubuh lain. Inilah pedoman makanan yang dianggap sehat untuk jantung: jumlah lemak sebaiknya di bawah 30% dari total kalori harian; lemak jenuh sebaiknya di bawah 10% dari total kalori harian; lemak ganda-jenuh sebaiknya di bawah 10% dari total kalori harian; 50% kalori lainnya sebaiknya terdiri dari lemak mono-tak-jenuh; konsumsi kolesterol tidak boleh lebih dari 300 miligram per hari; dan konsumsi natrium tidak boleh lebih dari 3.000 miligram per hari. (sumber)