Wednesday, January 7, 2009

Beranda » Sulit Kencing Gara-gara Prostat Bengkak

Sulit Kencing Gara-gara Prostat Bengkak

Sulit Kencing Gara-gara Prostat Bengkak - SAYA berumur 62 tahun dan sudah pensiun. Selama ini saya sehat saja, meski pensiun saya mempunyai kesibukan membantu teman berbisnis. Kesibukan saya lebih kurang sama dengan sewaktu masih jadi karyawan aktif.

Sekitar dua bulan ini saya kesulitan berkemih. Semula setiap berkemih saya merasa tak puas sehingga harus kembali ke toilet untuk berkemih lagi. Setiap berkemih air seni cukup banyak, hanya keluarnya kurang lancar. Saya harus mengedan agar air seni dapat keluar.

Saya telah memeriksakan diri ke dokter. Saya menjalani pemeriksaan, dari dubur juga telah dilakukan ultrasonografi. Kesimpulannya, prostat saya membengkak. Pada pemeriksaan laboratorium tak ada hasil mencurigakan suatu kanker. Tetapi, saya mengalami infeksi saluran kemih berulang sehingga dokter menganjurkan untuk operasi prostat.

Saya masih ragu dan minum jamu untuk mengecilkan prostat, tetapi tampaknya tak berhasil. Gangguan berkemih tetap ada dan badan sering demam, mungkin infeksi saluran kemih timbul kembali.

Pada pemeriksaan fungsi ginjal terdapat sedikit kenaikan kreatinin (1,8). Saya sendiri penderita darah tinggi, tetapi darah tinggi saya terkendali dengan obat darah tinggi yang saya minum sekali sehari. Saya juga rajin berolahraga, kecuali sejak gangguan berkemih ini agak malas berolahraga karena terganggu keinginan untuk berkemih.

Pertanyaan saya, apakah usia saya memang sudah waktunya mengalami pembengkakan prostat? Benarkan infeksi saluran kemih berulang dapat disebabkan oleh pembengkakan prostat? Apakah kenaikan fungsi ginjal saya disebabkan hipertensi atau infeksi saluran kemih?

Bagaimana risiko operasi ginjal pada diri saya yang sudah berumur 62 tahun? Apakah risiko operasi cukup besar? Saya pernah dioperasi sewaktu umur 24 tahun. Waktu itu saya menjalani operasi usus buntu dan sembuh dalam keadaan cepat. Bagaimana penyembuhan operasi pada orang seumur saya? Terima kasih atas penjelasan Dokter.

M di B

Pembengkakan kelenjar prostat biasa terjadi pada laki-laki seumur Anda. Pada pembengkakan kelenjar prostat ringan memang dapat diusahakan pemberian obat. Jika telah terjadi infeksi saluran kemih berulang mungkin sudah waktunya mempertimbangkan tindakan operasi. Apalagi telah dicoba mengatasi infeksi saluran kemih, tetapi sering kambuh dan tampaknya juga mengganggu kegiatan Anda sehari-hari.

Operasi prostat merupakan operasi yang sering dikerjakan pada laki-laki berusia lanjut. Sebelum operasi biasanya dilakukan penilaian kelayakan operasi. Sebelum operasi akan dinilai keadaan jantung, paru, fungsi ginjal, gangguan pembekuan darah dan lain-lain. Melalui penilaian inilah baru ditetapkan risiko operasi.

Mengingat selama ini Anda dalam keadaan sehat saja dan hipertensi Anda terkendali, saya berharap Anda akan dapat menjalani operasi yang direncanakan tersebut. Sekiranya terdapat kelainan, maka kelainan tersebut biasanya akan dipulihkan terlebih dahulu karena operasi ini termasuk operasi berencana. Jadi, dokter Anda nanti akan menginformasikan hasil penilaian pra operasi ini.

Memang benar risiko operasi pada orang berusia lanjut lebih besar daripada usia dewasa muda. Tetapi, cukup banyak operasi yang dapat dilakukan pada usia lanjut secara aman asalkan dipersiapkan dengan baik. Penyembuhan juga dapat berjalan baik. Untuk itulah Anda perlu bekerja sama dengan dokter Anda.

Baik hipertensi maupun infeksi saluran kemih dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Selain itu patut diingat juga usia lajut dapat menurunkan fungsi ginjal. Dokter Anda mungkin dapat menetapkan faktor utama yang menimbulkan gangguan fungsi ginjal Anda.

Sepintas berdasarkan hasil yang Anda laporkan, tampaknya gangguan fungsi ginjal Anda merupakan gangguan ringan. Saya ikut gembira dengan hasil pemeriksaan yang menunjukkan pembengkakan kelenjar prostat Anda bukan disebabkan kanker.

Nah, saya berharap Anda sekarang lebih mantap menghadapi rencana tindakan operasi dan akan segera kembali aktif kembali. Jangan lupa juga berolahraga kembali. (sumber)