Saturday, January 10, 2009

Beranda » Peran Zink Dalam Kesuburan Pria

Peran Zink Dalam Kesuburan Pria

Peran Zink Dalam Kesuburan Pria - Fungsi zat Seng (Zn), Seng memiliki fungsi yang sangat penting untuk kelangsungan hidup sel-sel tubuh manusia. Salah satunya sebagai kofaktor atau zat perantara bagi lebih 70 macam enzim dan protein yang ada di tubuh manusia.

Enzim yang berperan dalam metabolisme seluruh sel-sel ditubuh manusia, maka jika enzim-enzim tersebut tidak terbentuk sempurna, fungsi sel tubuh akan terganggu. Selain itu, seng berperan pula dalam proses pembentukan genetik, yaitu pada DNA (Deoxyribose nucleid Acid). Sebagai mineral esensial, seng dibutuhkan untuk sintesis dihydroxytestosterone (DHT), hormon laki-laki, yaitu testosteron.

Pria berusia 20 tahun dengan berat tubuh 55 kg memiliki 2,2 gr seng pada tubuhnya, sebagian besar berpusat di testis. Kalau jumlah mineral ini kurang, pria muda tersebut tidak akan merasakan desakan seksual yang adekuat, tidak dapat mempertahankan ereksi, atau memproduksi sperma. Seng dalam jumlah normal dalam tubuh sangat dibutuhkan untuk dapat berfungsi seksual.

Seiring berjalannya usia, kemampuan tubuh untuk menyerap seng dari makanan semakin berkurang. Merokok, minum alkohol, infeksi, dan obat-obatan dapat mengurangi cadangan seng yang telah terkumpul. Tanpa zat seng yang mencukupi maka tubuh tidak dapat memproduksi DHT, sehingga konsentrasi testosteron rendah, kadang menjadi terlalu rendah sehingga tidak dapat menerima rangsang seksual.

Manfaat Zinc Bagi Tubuh

Fungsi dan peran seng dalam tubuh antara lain membantu pembuatan materi genetik sel-sel, pembentukan sel darah merah (Hemoglobin), serta membantu fungsi-fungsi pankreas dalam proses pencernaan. Seng juga terlibat dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak, melepaskan vitamin A dari gudangnya sehingga menjadi bentuk aktif, serta meredam keganasan radikal bebas.

Zat seng dapat mempengaruhi perilaku dan kemampuan belajar, memperkuat fungsi imunitas, diperlukan dalam proses penyembuhan luka, dan kepekaan indra pengecap. Dalam aspek reproduksi, mineral seng tidak dapat diabaikan karena ia sangat diperlukan dalam produksi sperma, perkembangan janin, dan tumbuh kembang anak. (sumber)