Tuesday, January 6, 2009

Beranda » Mengecat Ulang Kabinet Dapur Lama

Mengecat Ulang Kabinet Dapur Lama

Mengecat Ulang Kabinet Dapur Lama - Sesibuk apapun aktivitas Anda di dapur, bukan berarti Anda tidak bisa membenahi ruangan ini. Mengolah interior dapur pun tak lantas mengharuskan Anda membeli produk baru, apalagi jika anggarannya belum siap. Cara termudah ialah melakukan perbaikan terhadap perlengkapan dapur yang ada, seperti memperbaiki kabinet dapur yang sudah terlihat usang, kusam dan pudar warnanya.

Kabinet dapur lama ini bisa tampil menawan hanya dengan cara pengecatan ulang kabinet serta mengganti handle atau pegangan pintunya. Nah, bahan apa saja yang perlu dipersiapkan?

Untuk mengembalikan rupa kabinet dapur lama, Anda perlu mempersiapkan cat kayu satu kaleng dengan ukuran 1 kilogram juga handle yang disesuaikan dengan jumlah pegangan pada kabinet dapur. Sementara untuk alat-alatnya, siapkan obeng untuk melepas dan memasang sekrup pintu kabinet, kuas untuk mengecat, ampelas untuk menghaluskan permukaan kabinet, spons untuk menggosok dan membersihkan kabinet, serta bor untuk membuat lubang handle baru apabila diperlukan.

Langkah pengerjaannya, agar mudah saat pengecatan, Anda bisa memulainya dengan melepaskan semua pintu kabinet, termasuk engsel-engsel pintu. Kemudian, pisahkan semuanya agar tidak tercampur atau saling tertukar.

Selanjutnya, lepaskan handle laci dan pintu kabinet dengan menggunakan obeng. Jika Anda mengganti handle model dua sekrup dengan satu sekrup, Anda perlu membuat lubang sekrup baru pada pintu kabinet. Jangan lupa menutup bekas lubang sekrup lama dengan kompon.

Selanjutnya, cuci permukaan kabinet dan pintunya menggunakan deterjen dan spons, lalu keringkan. Sesudahnya, ampelas permukaan kabinet dan pintunya. Gunakanlah lap kering untuk membersihkan debu-debu yang menempel. Cat permukaan kabinet secara berulang sehingga merata. Diamkan hingga kering, minimal 6 jam. Hindari pengeringan cat di ruang terbuka yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Setelah cat kering, pasang handle baru dengan menggunakan obeng. Kemudian, pasang pula engsel pintu lemari. Lalu pasang kembali pintu kabinet. Untuk menguatkannya saat pengencangan gunakanlah obeng. Cara ini bisa membuat pintu lemari jadi rata dan rapi. Kini, kabinet lama muka baru siap menyemarakkan dapur Anda. (sumber)