Thursday, January 8, 2009

Beranda » Manfaat Pisang

Manfaat Pisang

Manfaat Pisang - Nah, bagian apa saja dari pisang yang mempunyai manfaat? Tepung pisang ternyata baik untuk penyembuhan berbagai penyakit yang disebabkan gastrointestinal atau radang usus. Lambung, misalnya saja diare dan pencernaan yang terganggu.

Jantung pisang bisa dibuat menjadi kari dan tepung yang bisa berfungsi untuk mengurangi rasa panas pada perut serta menyembuhkan luka yang berdarah.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Tunas pisang yang masih muda dan belum terbuka ternyata bisa dimakan, sedangkan daging pisangnya sendiri seperti yang kita tahu sangat lezat untuk dimakan, juga beberapa jenis pisang, buahnya bisa dipanggang dan menjadi pengganti kopi. Bahkan abu atau bubuk dari pisang juga bisa dipakai untuk pengganti garam. Dan tahukah anda, getah pisang bisa dipakai untuk menyembuhkan gigitan ular atau kalajengking dan sari daun juga pelepahnya bisa sebagai penangkal kecanduan.

Lalu, apa sajakah kandungan dari buah pisang itu?

Satu ulir pisang kuning mempunyai kandungan 11 mg kalsium, 35 mg fosfor, 1 mg zat besi, 503 mg potassium, 260 IU vitamin A, 1 mg niasin, dan 14 mg vitamin C. Pisang juga punya kandungan khrom yang berfungsi dalam metabolisme karbohidrat, khrom bersama dengan insulin dapat memudahkan masuknya glukosa kedalam sel tubuh kita.

Nah, setelah tahu manfaat dan kandungan pisang, tidak ada salahnya bukan, jika anda sekarang mulai mengkonsumsi buah pisang secara rutin atau dijadikan juice pisang. Menurut sebuah penelitian, juice pisang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti:

1. Diverticulitis
Terjadi karena adanya radang pada kantong kecil dalam dinding usus. Karena, pisang mengandung serat, lemak dan minyak maka bisa melindungi dinding usus.

2. Radang lambung
Jika jaringan mucosal pada perut terasa perih, pisang dapat membantu melapisi, menyejukkan, dan menyembuhkan peradangan serius.

3. Panas dalam
Juice pisang bermanfaat menetralkan refluks asam hidrolik. Mineral yang bisa diperoleh dari pisang yaitu potassium yang dapat mencegah rasa panas pada perut.

Anda tidak perlu repot-repot membeli juice pisang di pasaran, karena anda pun dapat membuat juice pisang sendiri, ikuti tips berikut :

Masukkan setengah buah pisang segar yang tentunya sudah dikupas terlebih dahulu, 1 cangkir juice mangga, 1 cangkir potongan es kecil-kecil ke dalam blender dengan kecepatan tinggi selama 15-20 detik dan anda akan mendapatkan juice pisang yang lembut dan setengah manis.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memberikan gula pada juice pisang karena akan terjadi proses fermentasi pada tubuh kita. (sumber)