Friday, January 9, 2009

Beranda » Kenapa Folic Acid Penting?

Kenapa Folic Acid Penting?

Kenapa Folic Acid Penting? - Apakah folic acid (Asam Folat)?

Folic acid adalah salah satu vitamin B. Tubuh kita memerlukan folic acid untuk pembentukan sel baru. Setiap orang membutuhkan folic acid. Tetapi bagi wanita yang akan hamil, folic acid sangat penting! Jika seorang wanita memiliki cukup folic acid di dalam tubuhnya sebelum ia hamil, hal ini dapat mencegah terjadinya gangguan otak dan tulang belakang pada bayi. Gangguan ini dikenal dengan istilah "neural tube defects" atau NTDs. Seorang wanita membutuhkan folic acid setiap hari, dimulai sejak sebelum hamil untuk mencegah NTDs.

CDC dan U.S. Public Health Service menganjurkan setiap wanita untuk mengkonsumsi 400 micrograms (400 mcg) folic acid setiap hari.

Berapa jumlah yang dibutuhkan? Lihat 100% DV (Daily Value)

Salah satu cara yang mudah bagi seorang wanita untuk memastikan bahwa ia telah mengkonsumsi folic acid dengan dosis yang cukup adalah dengan mengkonsumsi vitamin yang mengandung folic acid setiap hari. Tablet folic acid dan kebanyakan multivitamin yang terdapat dipasaran mengandung 100% DV folic acid; Periksalah label obat untuk lebih meyakinkan. Cara lain adalah dengan makan sereal yang telah diperkaya dengan 100% DV folic acid setiap hari. Tidak semua sereal mengandung folic acid dalam jumlah ini. Periksalah label yang tertera.

Kapan seorang wanita mulai mengkonsumsi folic acid?

Gangguan kelahiran karena kekurangan folic acid terjadi pada minggu pertama kehamilan, bahkan sebelum seorang wanita menyadari bahwa dirinya sedang mengandung. Semua wanita harus membiasakan diri mengkonsumsi folic acid setiap hari meskipun tidak sedang merencanakan kehamilan. (sumber)