Saturday, January 10, 2009

Beranda » Kebiasaan Sehat Untuk Ibu Bekerja

Kebiasaan Sehat Untuk Ibu Bekerja

Kebiasaan Sehat Untuk Ibu Bekerja - Ibu-ibu sering memiliki tugas berat selain mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga harus mengasuh anak,sehingga kadang-kadang mengabaikan keadaan kesehatannya. Padahal ksehatan dan kebugaran punya peranan penting dalam mnsukseskan peran ganda untuk bisnis maupun rumah tangganya.

Anda tentunya ingin meraih kesehatan dan kebahagian bukan? Kuncinya adalah makan yang sehat,selalu aktif,dan mengurangi stress. Ada tiga kategori tindakan agar Anda sehat yaitu banyak gerak, mengatur diet dan mental yang sehat. Banyak gerak Apa yang harus dilakukan ? Selalu bergerak . Jangan berpikir,bahwa bergerak atau latihan menyita waktu yang banyak dan gerakan yang sempurna.

Cobalah Anda melakukan latihan fisik sepuluh menit saja ,sebelum memulai pekerjaan. Apapun bentuk latihan ini sangat bermanfaat bagi anda. Sebelum makan siang 10 menit,setelah bekerja 10 menit. Jadi 30 menit sehari cukuplah. Sarapan sebagai awal Energi Anda Jangan lupa sarapan pagi,karena di sinilah awal energi Anda,yang sangat dobutuhkan untuk bekerja. Ibaratnya mobil,sarapan ini sebagai bensin atau premium yang menggerakkan mesin kendaraan.

Demikian juga sarapan ini penting untuk menggerakkan metabolisme tubuh Anda. Makanlah lebih sering dengan porsi edikit-sedikit dan sesuai kebutuhan kalori Anda untuk bekerja.Dengan makan lebih sering akan terjaga energi anda dan dapat bekerja secara produk Hindari gula,alkohol dan kopi secara berlebihan. Gula sedikit kalori dan mendorong rasa lapar. Kopi bersifat diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi. Alkohol menyebabkan anda tidak produktif,karena menghasilkan kalori yang tidak diperlukan.

Selalu bersikap kalm ,tenang atau tidak terburu-buru. Siapkan semua keperluan pagi hari pada malam sebelumnya. Plihlah pakaian yang Anda pakai dan pakaian anak Anda. Buatlah rencana pakaian yang akan dikenakan anak Anda,demikian juga rencana sarapan dan makan siang.dan sebagainya. Hal ini akan mencegah Anda dari stress yang terjadi,bilamana Anda akan mengerjakan sesuatu pada menit-menit terakhir. Manfaatkan salah satu malam setiap minggunya untuk keluar rumah melepaskan diri dari aktivitas yang bersifat bisnis.

Bila merasa stres tariklah napas dalam-dalam melalui hidung,kemudian lepas pelan-pelan melalui mulut. Anda akan dapat melepaskan diri dari ketegangan. Ulangi beberapa kali bilamana perlu untuk membuat anda merasa lebih tenang Ciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan di tempat Anda bekerja.

Jangan menempatkan barang-barang seperti di toko pada meja ruang makan. Buatlah area yang menyenangkan. Jika Anda membutuhkan mudah mengambilnya. Buatlah waktu longgar untuk Anda dalam daftar rencana harian Anda. (sumber)