Friday, January 9, 2009

Beranda » Faktor Genetik Sebabkan Kanker Prostat

Faktor Genetik Sebabkan Kanker Prostat

Faktor Genetik Sebabkan Kanker Prostat - Di Amerika, kanker prostat paling banyak diderita di antara jenis kanker lain. Penyebabnya adalah faktor genetik, sebagian besar beretnis Amerika-Afrika.

"Benar, kanker prostat terkait dengan faktor genetik," kata dr Rachmat B Santoso SpU dari Rumah Sakit Pusat Kanker Nasional Dharmais saat Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Prostat di RS Dharmais, Jakarta, Selasa (12/5).

Lebih lanjut, ia mengatakan, jika ayah atau paman terkena kanker prostat, maka keturunan laki-laki terdekatnya akan 2,87-4,5 kali lebih besar terkena kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang ayah atau pamannya tidak mempunyai kanker prostat.

Di Indonesia, tambahnya, kanker prostat menjadi penyebab terbanyak keempat penyakit kanker. "Sedangkan yang datang ke rumah sakit 70 persen di antaranya sudah mencapai stadium empat," ungkapnya.

Untuk mereka yang secara genetik berisiko terkena kanker prostat, Rachmat menyarankan supaya mereka melakukan deteksi dini sesering mungkin. "Sejak umur 40 tahun harus mulai dideteksi. Dan sering," katanya. (sumber)