Wednesday, January 7, 2009

Beranda » Cara Mengatasi Stres Dalam Bekerja

Cara Mengatasi Stres Dalam Bekerja

Cara Mengatasi Stres Dalam Bekerja - Pusing dengan masalah kerjaan yang menumpuk? Deadline yang mengejar dan menghadapi bos yang susah dibuat puas?

Simak ulasan berikut mengenai masalah yang melanda para pekerja kantoran itu.

1. Masalah Fisik

Stres tingkat tinggi biasanya diikuti dengan berbagai masalah kesehatan fisik seperti tekanan darah tinggi, tingkat kolesterol yang tinggi, sakit jantung, bisul-bisul, sakit pada tulang, dan sakit kanker.

2. Masalah Psikologis

Masalah psikologis sering timbul seiring stress melanda. Masalah psikologis ini berkaitan dengan hubungan stress-kesehatan mental. Dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa level stres yang tinggi senantiasa disertai oleh: kemarahan, kelelahan, depresi, nervous, cepat tersinggung, ketegangan, kebosanan, agresi antar personal, dan sikap permusuhan. Bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan bunuh diri.

Psikologis akan berpengaruh terhadap kinerja yang buruk dan penghargaan diri yang cenderung rendah. Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi juga bisa menjadi efek dari stres dalam psikologis. Tidak mau kan ditegur bos karena kinerja yang buruk? Yang ada malah kita bertambah stres karena omelan bos.

3. Masalah Perilaku

Masalah perilaku seringkali tidak kita sadari. Perilaku itu mencakup kurang makan atau justru terlalu banyak makan, terlalu banyak merokok atau minum-minuman keras, bahkan penggunaan drugs.

Semakin kita stress pasti semakin membuat kinerja menurun. Berusahalah untuk tetap relax tapi produktif. Minum vitamin bisa meningkatkan performa dan semangat. Jangan ragu untuk mengambil libur sekedar merelaksasikan pikiran kita akan kerjaan. Namun setelah itu, jangan lupa untuk segera menyelesaikan pekerjaan. (sumber)