Thursday, January 8, 2009

Beranda » Cara Mengatasi Batu Saluran Kemih Tanpa Operasi

Cara Mengatasi Batu Saluran Kemih Tanpa Operasi

Cara Mengatasi Batu Saluran Kemih Tanpa Operasi - TANYA : Dokter, suatu hari saat pulang kantor saya kesakitan bukan main di perut sampai ke pingggang. Saat tiba di UGD, dokter melakukan pemeriksaan dan memberi saya suntikan. Melihat hasil rongent dan urin saya, dokter itu bilang ada batu di saluran kemih dan menganjurkan saya dirawat karena harus ada tindakan untuk mengeluarkan batu itu. Saya tak setuju karena sudah tidak sakit dan saya sangat takut dengan yang namanya operasi. Pertanyaan saya, apakah tindakan untuk batu di saluran kemih tanpa harus dioperasi?

Surya (40), Jakarta

JAWAB : Bapak Surya, sebaiknya Bapak berkonsultasi terlebih dahulu kepada Dokter Spesialis Bedah Urologi untuk mendapatkan penjelasan tindakan terbaik yang akan dilakukan. Ada tindakan yang dapat menghancurkan batu ginjal dan batu saluran kemih tanpa operasi, yaitu dengan menggunakan ESWL (Extracoporeal Shock Wave Lithotripsi).

Beberapa kelebihan ESWL adalah : - Waktu tindakan sekitar 30 menit - Keberhasilan 80 – 100% - Efek samping jauh lebih sedikit dibandingkan operasi - Perawatan di rumah sakit hanya 1 hari - Tidak invasif (tanpa pembedahan)

ESWL di RS MITRA KEMAYORAN dapat menjadi pertimbangan, antara lain karena: - Dokter Spesialis Bedah Urologi dan perawat yang berpengalaman - Alat dengan teknologi modern dan presisi - Fasilitas pendukung lengkap - Harga yang terjangkau. (sumber)