Wednesday, January 7, 2009

Beranda » Atasi Pikun di Usia Muda

Atasi Pikun di Usia Muda

Atasi Pikun di Usia Muda - Kejadian lupa meletakkan barang pasti pernah kamu alami juga kan? Sekali dua kali memang masih terbilang wajar, tapi bila sudah terlalu sering itu tandanya daya ingatmu mulai menurun. Nggak mau kan kalau di usia yang masih terbilang muda kamu dipanggil si pikun?

Cara Mengatasi Pikun di Usia Muda

Meski kelihatannya sepele, gangguan daya ingat ini bisa sangat merugikanmu lho! Coba deh kamu pikir, berapa banyak waktumu yang terbuang untuk mencari barang-barangmu yang hilang. Apalagi jika barang tersebut adalah dokumen penting yang menyangkut masalah pekerjaan, wah bisa repot kan kalau sampai hilang gara-gara penyakit pikunmu itu? Nah, supaya gangguan daya ingat ini nggak makin merepotkan dirimu sendiri dan orang lain, makin cepat diatasi tentunya akan semakin baik. Untuk membebaskan dirimu dari sebutan si pikun, coba deh ikuti beberapa tips dari para ahli dibawah ini:

Cukup Tidur
Selain menjaga kesehatan tubuh, waktu tidur yang cukup juga berguna untuk membantu daya ingat kita. Saat kamu merasa letih akibat kurang tidur, hal itu bisa mengganggu kemampuanmu untuk mempelajari sesuatu yang baru atau mengingat informasi yang telah kita simpan.

Olahraga
Kegiatan yang satu ini memang banyak manfaatnya. Nggak hanya membuat tubuhmu lebih fresh, olahraga juga dapat meningkatkan supply darah dan nutrisi ke otak. Jalan kaki tiap pagi bisa menjadi solusi yang tepat.

Terapi Menghapal
Kamu juga bisa kok melakukan terapi sendiri di rumah. Untuk mengasah kembali daya ingatmu, kamu bisa melakukan kegiatan menghapal seperti mengingat nomor telepon orang-orang terdekatmu atau artikel penting di koran. Bermain catur atau scrabble juga bisa membantu kok.

Jauhi stress
Banyak kerugian yang ditimbulkan akibat stress, salah satunya adalah mengganggu daya ingat kita. Agar kamu nggak jadi orang yang pelupa, tentunya kamu harus bisa menjauhi stress. Jangan terlalu sibuk bekerja, sebaiknya luangkanlah waktumu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti pijat refleksi. Dijamin stressmu hilang, daya ingatmu pun akan kembali membaik. (sumber)