Thursday, January 8, 2009

Beranda » Aromaterapi Tak Efektif Untuk Pengobatan

Aromaterapi Tak Efektif Untuk Pengobatan

Aromaterapi Tak Efektif Untuk Pengobatan - Sebuah riset di Amerika Serikat baru-baru ini mengindikasikan bahwa terapi dengan wewangian tidaklah siginifikan seperti yang digembar-gemborkan.

Penggunaan berbagai wewangian seperti lavender, lemon, ylang-ylang atau jenis lain yang diklaim mampu meredakan stres dan memiliki efek menyembuhkan, ternyata tidaklah efektif untuk pengobatan.

“Kami ingin melihat sejauh mana minyak wewangian ini dapat memperbaiki kesehatan manusia dalam beberapa cara yang terukur,” ujar pimpinan riset Janice Kielcot-Glaser, psikiater dan psikolog dari Ohio State University.

Dalam riset yang melibatkan sekitar 56 partisipan pria dan wanita itu, peneliti menguji dua jenis lavender dan lemon, wewangian yang paling populer di masyarakat. Dari serangkaian tes selama tiga setengah hari itu terungkap bahwa manfaat aromaterapi tidak begitu signifikan.

Guna melihat sejauh mana wewangian membantu mengatasi rasa sakit, kaki para partisipan direndam dalam air es. Lalu, untuk melihat sejauh mana terapi ini memberi efek penyembuhan, peneliti melakukan tes standar yakni menempel dan mencopot plester kapas pada bagian lubang hidung yang sama.

Mood atau suasana hati juga diteliti dengan cara meminta partisipan melengkapi uji standar psikologis pada setiap sesi. Sedangkan untuk melihat dampak stres, peneliti melakukan tes darah, memantau tensi dan detak jantung. Setiap partisipan juga diperiksa lebih lanjut untuk memastikan bahwa indra penciuman mereka normal.

Kesimpulan riset yang dimuat dalam Journal Psychoneuroendocrinology ini menyatakan, baik minyak lavender atau pun lemon tidak berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh ataupun memengaruhi kemampuan tubuh dalam meredakan rasa sakit atau stres. Hanya minyak lemon yang menunjukkan kemampuan dalam meningkatkan atau memperbaiki mood. (sumber)